Sukses

Penyebab Batuk Saat Cuaca Dingin

05 Aug 2017, 19:03 WIB
Wanita, 36 tahun.

Hallo Dok,saya mau bertanya.dulu saya pernah kena flek paru paru,pengobatanrutin 9 bulan dinyatakan sembuh.sekarang saat cuaca dingin dada sebelah kiri sakit terus batuk,tapi tidak demam,nafsu makanpun normal.apakah penyakit saya kambuh lagi ya Dok?

Terima kasih mengajukan pertanyaan mengenai batuk saat cuaca dingin melalui fitur Tanya Dokter. 

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah keluhan tersebut hanya muncul saat suhu ruangan/lingkungan dingin? Apakah batuknya berdahak/kering? Apakah Anda memiliki riwayat alergi atau asma? Adakah gejala lain yang menyertai?

Batuk saat cuaca dingin erat kaitannya dengan alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Gejala alergi macam-macam, bisa berupa kelainan kulit (kemerahan, gatal, bentol, iritasi), sesak napas, keluar lendir dari hidung, dan sebagainya. Obat untuk alergi adalah antihistamine. Namun sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu jika Anda memang alergi dingin.

Untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan Anda kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai batuk saat cuaca dingin, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • emilsampeno

    Lada hitam Menmbantu mengatasi Dingin dan Batuk https://akurat.co/gayahidup/id-274391-read-bukan-hanya-untuk-taburan-masakan-lada-hitam-juga-bisa-menjadi-minuman-sehat