Sukses

Gigi Berlubang Sampai Saraf Apa Perlu Dicabut?

05 Aug 2017, 17:52 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau bertanya, gigi graham kiri bagian bawah saya berlobang sampai gusi/syaraf, kalo saya makan gak sengaja kekunyah pake gigi ini, sakitnya luar biasa. Malahan sakitnya bisa berlanjut sampai beberapa jam, kira-kira operasi seperti apa yang saya butuhkan dok? Apa memungkinkan kalau gigi saya dicabut? Thanks..

Terimakasih telah bertanya tentang Gigi Berlubang Sampai Saraf Apa Perlu Dicabut? melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit gigi akibat gigi berlubang yang dibiarkan saja, bisa merambah sampai kamar saraf gigi, yaitu bagian dalam gigi yang berisi saraf, pembuluh darah. Dalam kondisi ini gigi anda membutuhkan suatu perawatan yang disebut perawatan saluran akar, bukan pencabutan. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin.

Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa atau kamar saraf gigi, sehingga tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Setelah itu gigi ditutup dengan restorasi akhir, berupa tambalan sinar atau mahkota tiruan.

Sebaiknya anda konsultasi ke dokter gigi umum atau dokter gigi Spesialis Konservasi Gigi (SpKG) untuk mendiskusikan rencana perawatan yang tepat, agar bisa mendapatkan perawatan untuk mempertahankan gigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Gigi Berlubang Sampai Saraf Apa Perlu Dicabut?, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Ris******Cinta

    slmt mlm dok, maaf,pda skt ggi smpai ke saraf, itu sma sprti sya jg dok, kmrn sy jg sdh ke dkter, dn di ksih obat, kta dkter trsbt, stelh obat hbis, mau di cabut gginya,, apkh tdak bermslh jka lngsung di cabut, sprti yg dokter tadi bilang, bhwa hrs ada perawatan akar gigi trmksh