Sukses

Sakit Dada Setiap Pagi Hari

05 Aug 2017, 13:16 WIB
Pria, 34 tahun.

Mau tanya dok, kenapa setiap bangun tidur dada terasa berat, seperti di timpa barang berat, efek nya badan terasa lemas saat bangun, saat beraktivitas jg terasa seperti berat saat tarik napas dalam2, saya pernah di diagnosa GERD sama dokter, selain itu hidung saya juga terasa seperti tersumbat saat bangun, apa ada hubungan nya jg dengan hidung tersumbat? Oh iya dok, saya juga sering sendawa, bahkan intensitas tinggi nya, habis makan atau pun sebelum makan, waktu di diagnosa gerd saya pernah di endeskopi dan hasil nya di lambung ada sedikit memar karena aktivitas bakteri h.pylori kata dokter nya, sekedar info, saya perokok 3 sampai 4 batang perhari.

Terima kasih telah bertanya tentang Sakit Dada setiap Pagi Hari menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Salah satu penyebab yang mungkin berpengaruh terhadap kondisi Anda saat ini adalah dyspepsia/maag atau GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu suatu keadaan yang muncul oleh karena terjadi peningkatan asam lambung yang terkadang gejala mirip dengan sakit jantung, terutama Anda merasakan nyeri pada dada kiri yang menyebar hingga ke belikat. Coba Anda lakukan beberapa modifikasi dalam hidup Anda seperti jangan dulu mengkonsumsi makanan pedas, hentikan minum soda, makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, dan hentikan dulu rokok, kopi dan teh. Coba makan tepat waktu, hindari mengkonsumsi makanan 2 jam sebelum tidur, dan memang pada kondisi GERD lebih nyaman bila tidur dengan bantal tambahan.

Jika keluhan terus berlanjut berarti Anda harus memeriksakan diri Anda secara langsung ke Dokter agar penyebab dan penaganan segera diberikan sesuai dengan keadaan Anda.

Demikian penjelasan tentang Sakit Dada Setiap Pagi Hari yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar