Sukses

Pertanyaan Seputar Ukuran Penis

05 Aug 2017, 14:49 WIB
Pria, 25 tahun.

Malam, saya mau tanya kalau penis tidak ada pertumbuhan jika tidak ereksi itu kenapa ya ? Bahkan terkadang penis masuk kedalam.. apakah karena obesitas atau memang ada penyakit ? Terima kasih..

Terima kasih telah bertanya mengenai ukuran penis menggunakan fitur Tanya Dokter.

Ukuran penis normal pada beberapa etnis dapat berbeda-beda. Secara umum, panjang penis yang normal untuk pria Indonesia adalah 7,6 - 10,2 cm (saat lemas/flacid) dan 12,7 - 17,8 cm (saat ereksi). Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis). Berdasarkan data yang Anda berikan, ukuran penis tersebut tergolong lebih kecil dari normal. Banyak faktor yang dapat menyebabkan besar/kecilnya ukuran penis seorang laki-laki. Diantaranya adalah faktor ras, genetika, obesitas, gangguan hormon, nutrisi dan sebagainya.

Pemberian hormon testosteron hanya ditujukan untuk mengatasi mikropenis yang terjadi pada anak laki-laki sebelum mencapai pubertas. Pada laki-laki dewasa yang telah mengalami pubertas, pemberian hormon testosteron tidak terbukti efektif untuk mengatasi mikropenis.

Terapi hormonal(hormon testosteron) untuk mengatasi masalah mikropenis dilakukan pada anak yang sebabnya adalah defisiensi hormon testosteron, sehingga pengobatannya adalah dengan terapi suntik testosteron intramuskular setiap 3-4 minggu selama 3-6 bulan. Tentunya terapi ini dilakukan dengan didahului oleh beberapa pemeriksaan fisis dan penunjang (pemeriksaan kromosom, beberapa hormon tertentu seperti LH, FSH, testosteron, DHT, dsb sesuai indikasi). Terapi ini harus dilakukan secepatnya sebelum anak mencapai masa pubertas. Pemberiannya juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati oleh dokter yang kompeten mengingat efek samping yang dapat ditimbulkan. Penis akan lebih sering ereksi atau terasa gatal, tumbuh bulu kemaluan, kumis dan jambang sebelum waktunya

Bila Anda merasa bahwa ukuran penis Anda tidak sesuai dengan ukuran yang normal, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi atau urologi untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ukuran penis, semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar