Sukses

Pertanyaan Seputar Buang Angin dari Vagina

05 Aug 2017, 14:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya pernah kentut tapi perasaan kok dari "miss v" pertama saya abaikan kok rasanya gak mungkin si nona bisa kentut. Beberapa hari kemudian ketika saya berhubungan intim dengan suami saya hal itu terjadi lagi. Malunya saya. Yg saya mau tanyakan,apa yg menyebabkan kentut miss v itu dok? Apa saya baik-baik saja?

Terima kasih telah bertanya mengenai buang angin dari vagina menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Buang angin dari vagina dapat terjadi pada wanita dengan otot dasar panggul vagina yang melemah. Proses persalinan normal memang dapat menyebabkan otot dasar panggul vagina menjadi lemah atau kerap disebut secara awam dengan "kekendoran" vagina. Semakin banyak melahirkan anak melalui jalan lahir (vagina), maka semakin besar kemungkinan vagina berkurang kekencangannya. Hal tersebut merupakan proses alami. Apakah Anda sebelumnya sudah pernah melahirkan? Jika belum, maka tentunya hal ini bukanlah sebagai penyebab. Penuaan dan faktor genetik juga berperan dalam kondisi ini. Selain itu terdapat suatau kondisi yang menyebabkan masuknya udara ke vagina yaitu adanya lubang (fistula) antara vagina dengan anus. Pada wanita dengan otot dasar panggul yang melemah dapat melakukan senam Kegel sebagai latihan untuk memperkuat otot dasar panggul. Anda dapat mempraktekkan senam Kegel untuk mencaga kekencangan vagina.

Namun, bila Anda merasa bahwa keluhan yang Anda alami cukup mengganggu, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai buang angin dari vagina, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar