Sukses

Telinga Sakit Saat Flu

05 Aug 2017, 13:16 WIB
Pria, 29 tahun.

selamat siang dok, saya ibu trias dari lampung mau tanya : saya waktu flu sering memaksa untuk mengeluarkan ingus dihidung sehingga terasa mendengung di kuping sebelah kanan, sekarang flu sudah sembuh hampir 2 minggu tapi kuping yg sebelah kanan masih saja sakit dan mendengung... bahayakah sakit saya ?

Terima kasih telah bertanya seputar telinga saat flu menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Saluran lubang hidung kita memiliki muara di tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar.

Bila kita sedang flu, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat memicu terjadinya infeksi telinga, serta menimbulkan keluhan lain seperti nyeri telinga, rasa penuh atau berdengung pada telinga. Penumpukan lendir pada tuba merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan cairan tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan cairan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam telinga dan dapat merusak gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengobati penyebabnya, dalam hal ini flu atau infeksi pada saluran pernapasan. Apabila gejala flu mereda, umumnya gejala pada telinga juga ikut mereda, kecuali bila infeksi saluran pernapasan tersebut tidak diobati dalam waktu lama dan sudah menyebabkan infeksi di telinga, maka diperlukan pengobatan yang berbeda untuk infeksi di telinga tersebut. Obat tetes telinga yang Anda maksudkan merupakan jenis antibiotik yang ditujukan untuk terapi infeksi superfisial telinga luar yang disebabkan bakteri gram positif atau negatif. Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat tetes telinga tanpa anjuran dari dokter, karena sebelum pemberian obat tetes antibiotik, perlu ditegakkan diagnosis yang menjadi indikasi pengobatan tersebut. Pengobatan antibiotik yang tidak sesuai indikasi dapat memicu resistensi bakteri terhadap obat tersebut, selain itu dapat menimbulkan efek samping iritasi telinga, seperti gatal, rasa panas, maupun peradangan pada beberapa individu. Apabila terdapat keluhan yang memberat, kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar