Sukses

Gejala Kanker Payudara

05 Aug 2017, 14:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya ingin bertanya ciri2 apa yg berpotensi terkena kanker payudara? Payudara saya putingnya pecah seperti sariawan, dan tidak timbul keluar melainkan kedalam, hal ini saya alami sejak dulu, apa itu wajar? Atau malahan itu adalah gejala awal kanker payudara seperti yg saya baca di artikel2 internet? Trimakasih dok.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar gejala kanker payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Gejala klinis kanker payudara dapat berupa:

1. Benjolan pada payudara

Umumnya berupa benjolan yang tidak nyeri pada payudara. Benjolan itu mula-mula kecil, semakin lama akan semakin besar, lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau pada puting susu.

2. Erosi atau eksema puting susu

Kulit atau puting susu tadi menjadi tertarik ke dalam (retraksi), berwarna merah muda atau kecoklat-coklatan sampai menjadi oedema hingga kulit kelihatan seperti kulit jeruk(peau d'orange), mengkerut, atau timbul borok (ulkus) pada payudara. Borok itu semakin lama akan semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara, sering berbau busuk, dan mudah berdarah. Ciri-ciri lainnya antara lain:

  • Pendarahan pada puting susu.
  • Rasa sakit atau nyeri pada umumnya baru timbul apabila tumor sudah besar, sudah timbul borok, atau bila sudah muncul metastase ke tulang-tulang.
  • Kemudian timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, bengkak (edema) pada lengan, dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh (Handoyo, 1990).

3. Keluarnya cairan (Nipple discharge)
Nipple discharge adalah keluarnya cairan dari puting susu secara spontan dan tidak normal. Cairan yang keluar disebut normal apabila terjadi pada wanita yang hamil, menyusui dan pemakai pil kontrasepsi. Seorang wanita harus waspada apabila dari puting susu keluar cairan berdarah cairan encer dengan warna merah atau coklat, keluar sendiri tanpa harus memijit puting susu, berlangsung terus menerus, hanya pada satu payudara (unilateral), dan cairan selain air susu.

Berkaitan dengan keluhan yang anda alami, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu , karena bisa saja disebabkan oleh iritasi atau infeksi. Gejala paling sering muncul adalah benjolan di payudara, apabila anda tidak merasakan ada benjolan maka anda bisa lebih lega. Namun kami tetap menyarankan untuk anda melakukan deteksi dini. Tidak hanya anda, melainkan setiap wanita sebaiknya melakukannya.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar gejala kanker payudara, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar