Sukses

Kulit Kuku Mengkerut

05 Aug 2017, 13:28 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dokter, nama saya Lia. Dok, kulit dibawah kuku jari manis kanan saya mengkerut kebawah sehingga kuku semakin besar. Apakah bahaya atau tidak dok dan bagaimana cara mengatasinya?

Terima kasih sudah bertanya mengenai kulit kuku jari manis mengkerut melalui fitur Tanya Dokter

Apakah yang Anda maksud kulit kuku menjadi terpisah dengan kuku, sehingga kuku bagian tersebut menjadi lebih pucat?

Bila iya, kondisi tersebut dinamakan sebagai onikolisis. Kondisi ini merupakan lepasnya kuku dari bantalan kulit yang ada dibawahnya. Onikolisis sering berkaitan dengan adanya infeksi jamur. Kondisi yang tidak kalah sering adalah terkait trauma, biasanya pada seseorang yang tidak menggunting kuku dengan rutin, sehingga saat menggunakan alas kaki kuku ikut tertarik sesuai dengan pergerakan kaki. Kondisi ini tidak berbahaya. Bila ada tanda infeksi jamur, misalnya kuku jadi berwarna kuning atau bercak putih, munculnya garis-garis kuku maka Anda sebaiknya mendapatkan pertolongan medis.

Kondisi lain yang menyerupai keluhan Anda adalah pertumbuhan kuku kedalam kulit. Hal ini sering disertai dengan nyeri dan bengkak pada pinggir kuku.

Sulit bagi kami menentukan sebab keluhan Anda karena deskripsi yang kurang spesifik. Kami tetap sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter supaya dapat diketahui dengan jelas kondisi kuku Anda saat ini.

Demikian informasi mengenai kulit kuku mengkerut kami sampaikan. Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar