Sukses

Pertanyaan Seputar Ulkus Kornea

05 Aug 2017, 13:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau nanya.. mata sebelah kiri saya sempat terkena ulkus kornea 05. Nah sekarang ini saya tidak merasa mata pedih, sensitif terhadap cahaya, dan mata saya tidak tampak merah. Ketika saya periksa ke dokter mata katanya tekanan mata, dll sudah bagus.. tapi saya masih bisa lihat ada sedikit bintik putih pada kornea saya dan kalau diperhatikan lebih jelas ada cekungan masuk kedalam (tapi sedikit sekali).. Apakah itu tidak apa2 dok? Dan apakah bekas itu memungkinkan untuk hilang (karena sangat kecil seperti 1 titik) ? Saya juga jadi tidak pakai softlens selama 1 bulan. Hanya dipakai ketika weekend (1 minggu sekali) dan bila tidak nyaman saya langsung ganti kacamata. Apakah aman dok kalau ada bercak putih itu tapi saya tetap pakai softlens? Mohon infonya yah dok. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai ulkus kornea menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan : Apakah ada rasa nyeri pada mata Anda? Apakah sebelumnya terdapat cedera atau trauma pada mata?

Kami tidak dapat mengetahui penyebab keluhan Anda tanpa pemeriksaan secara langsung, namun kami menduga Anda mengalami ulkus kornea. Gejala dari ulkus kornea dapat meliputi:

Mata merah
Sakit mata ringan hingga berat
Fotofobia atau mata silau bila terkena cahaya
Penglihatan menurun
Kekeruhan berwarna putih pada kornea
Gejala lain yang dapat menyertai adalah terdapatnya penipisan lapisan kornea mata dan reaksi pada jaringan kornea.

Penyebab ulkus kornea dapat berasal dari bakteri, virus maupun jamur. Mikroorganisme ini tidak mudah masuk ke kornea selama lapisan luar atau sel epitel mata sehat, sehingga diperlukan faktor pencetus seperti erosi atau cedera pada kornea atau pemakaian kortikosteroid atau obat yang menekan fungsi imun, pasien kencing manis atau Diabetes Mellitus dan usia tua.

Bila proses pada ulkus berkurang maka akan terlihat berkurangnya rasa sakit, fotofobia, berkurang infiltrat dan luka epitel kornea menjadi bertambah kecil.

Dengan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter mata, yaitu dengan menggunakan fluorescein akan dapat ditegakkan diagnosa ulkus kornea. Ulkus kornea akan memberikan kekeruhan berwarna putih pada kornea dengan defek epitel yang dengan pewarnaan fluorescein akan berwarna hijau ditengahnya.

Pemeriksaan laboratorium sangat berguna untuk membantu membuat diagnosa penyebab.

Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata guna mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ulkus kornea, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar