Sukses

Cairan Keluar dari Penis

05 Aug 2017, 13:24 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya Waktu saya sedang fitnes, tepatnya saat latihan perut, tiba2 keluar sperma padahal p***s saya tdk dalam keadaan ereksi... Saya pikir saya akan kencing jadi saya bolak balik kamar mandi buat buang air kecil tapi tdk bisa.. Jadi saya lanjutkan saja latihan sya.. Nah saat sementara latihan keluarlah cairan itu saya pikir hanya madzi atw precum bahkan saya bepikir bahwa saya baru saja buang air kecil dicelana.. Ternyata saat saya ke kamar mandi untuk cek tau2nya itu sperma.. Apa itu hal yang normal dok???

Terima kasih telah bertanya mengenai cairan keluar dari penis menggunakan fitur Tanya Dokter.

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat sebagai pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang tidak disirkumsisi (disunat), dapat terjadi penumpukan bercak-bercak putih yang disebut sebagai smegma pada kulup penis (prepusium) dan bergabung dengan cairan pelumas ini. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria, yang menyebabkan keluarnya cairan mani.

Secara patologis, cairan dapat keluar tanpa adanya rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih,perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya.

Keluarnya cairan seperti nanah dari kemaluan dan gangguan berkemih dapat merupakan suatu pertanda adanya proses infeksi pada saluran kemih/kemaluan. Adapun infeksi yang dimaksud umumnya disebabkan oleh kuman yang dapat ditransmisikan melalui hubungan seksual seperti gonore, klamidia, dan kuman lainnya. Infeksi kuman yang berbeda menyebabkan jenis cairan yang berbeda. Diagnosis perlu ditentukan dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan cairan yang keluar dari kemaluan.

Namun, terkadang hal tersebut bisa juga dikaitkan dengan penyebab lain yang bukan infeksi. Selain kemungkinan infeksi, keluarnya cairan dari penis tanpa adanya rangsangan seksual dapat juga mengarah ke gangguan yang disebut spermatorrhea. Spermatorrhea atau kebocoran katup air mani adalah terganggunya kemampuan saluran air mani untuk membuka atau menutup pada waktu yang tepat, sehingga pengeluaran air mani dapat terjadi secara berlebihan tanpa disadari pada saat penderita berjalan, bergerak, atau bahkan sedang duduk biasa. Bagaimana dengan teman Anda? Perbedaan antara ejakulasi yang normal dan spermatorrhea adalah tidak adanya stimulus seksual dan fase orgasme pada spermatorrhea, berbeda dengan ejakulasi yang selalu dibarengi fase orgasme.

Namun, untuk menentukan apakah penyebab dari keluarnya cairan dari penis teman Anda, kami menyarankan agar anda dapat berkunjung ke dokter guna dilakukan pemeriksaan fisis dan pemeriksaan penunjang pada cairan tersebut, untuk menentukan diagnosis dan tatalaksana yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cairan keluar dari penis, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar