Sukses

Nyeri Kepala Hingga Badan Sulit Digerakkan

05 Aug 2017, 13:28 WIB
Pria, 27 tahun.

Kepala serig sakit yg teramat sangat, badan sukar di gerakan, sakit kepalanya pun sering terjadi belakangan ini?dman sering sekali droppp?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri kepala melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Secara umum, penyebab sakit kepala dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Primer - tidak disebabkan oleh kondisi apapun didalam otak dan tengkorak, hasil pemeriksaan lab, CT scan normal
  • Sekunder - bila disebabkan masalah tertentu didalam kepala. Misalnya tumor ditandai dengan nyeri kepala setiap hari terutama pagi hari, Stroke ditandai dengan nyeri kepala hebat mendadak disertai kelumpuhan, atau Meningitis ditandai dengan demam dan kaku kuduk. Apakah badan sukar digerakkan pada kedua kaki dan tangan atau hanya sebalah saja?

Nyeri kepala tersering adalah tipe primer. Nyeri kepala tipe primer, mencakup

  • Nyeri kepala yang bersifat cluster, ditandai dengan nyeri di belakang bola mata, disertai keluar cairan dari mata dan hidung, mata menjadi merah
  • Migrain , ditandai dengan nyeri kepala berdenyut, biasanya hanya sebelah kepala, sangat nyeri hingga mual dan muntah, semakin berat bila beraktivitas. Biasanya pasien dengan migrain memang mrasa sulit untuk bangun karena nyeri yang mengganggu.
  • Nyeri kepala tipe tension (seperti ada yang menekan/mengikat kepala, dua belah kepala, tidak begitu nyeri,
    Kelainan nyeri kepala hingga ke leher biasanya melibatkan otot. Kondisi ini merupakan salah satu manifestasi dari nyeri kepala tipe tegang.

Informasi yang Anda berikan belum cukup untuk menentukan jenis sakit kepala yang Anda alami. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter atau dokter spesialis saraf untuk dilakukan anamnesis( wawancara) mendalam dan pemeriksaan yang dirasa dibutuhkan. Terapi yang tepat harus disesuaikan dengan tipe nyeri kepala yang Anda alami.

Sementara Anda bisa mencoba mengatasi gejala nyeri dengan mengkonsumsi obat sakit kepala biasa.

Demikian informasi dari kami seputar nyeri kepala. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar