Sukses

Pertanyaan Seputar Flek di Luar Siklus Menstruasi

05 Aug 2017, 12:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo Dok, Saya Tya, jadi gini saya mempunyai keluhan masalah cairan yang keluar dari vagina yang berwarna coklat. Jadi bulan mei saya mens tidak biasa, mens yang keluar hanyalah flek berwarna coklat dan itu berlangsung 9 hari dimulai dari tanggal 14 mei 2017. Oh iya periode mens saya biasanya di akhir bulan sekitar tanggal 24. Lalu di bulan juni mens saya kembali normal di tanggal 14 juga. Untuk di bulan juni saya melakukan hubungan intim 5 hari setelah mens selesai. Saya berhubungan intim terakhir itu desember 2016 lalu kembali berhubungan pada tanggal 25 juni 2017. Berhubungan lagi tanggal 27 juni namun kekasih saya memasukan jari ke dalam vagina dengan keras sehingga saat dimasukan penis terasa sakit lalu setelah itu keputihan saya berwarna coklat namun masih ada warna beningnya. Saya berhubungan lagi di tanggal 1 juli, pada siang hari kekasih saya juga memasukan jarinya dan agak sedikit perih lalu tanggal 1 juli malam saya melakukan lagi hubungan intim dengan memasukan jari sebelum memasukan penis, selesai berhungan terdapat darah sedikit kental di penis kekasih saya. Setalah itu saya tidak berhungan lagi namun masih terdapat darah selama kurang lebih 6 hari. Di tanggal 14 juli saya mendapati lagi jika vagina saya mengeluarkan flek coklat. Saya kira saya mens namun flek coklat ini hanya sedikit dan berlangsung kurang lebih 10 hari sampai tanggal 24 juli. Namun, ditanggal 25 juli flek coklat ini tambah banyak. Yang biasanya hanya di tengah pantie liner nah ini hampir sebagian pantie liner ada flek coklat dan sampai hari ini 3 agustus flek coklat ini belum berhenti. Jadi apakah berbahaya? Atau ada penyakit atau hanya hormon? Saya takut jika terkena kanker serviks

Terima kasih telah bertanya mengenai flek di luar siklus menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Warna flek-flek berkisar dari merah, coklat, hingga kehitaman. Flek-flek berwarna kecoklatan yang keluar lewat vagina dapat saja masih normal karena sisa dari menstruasi. Untuk menghilangkannya hanya perlu menunggu waktu, karena bila benar flek-flek tersebut merupakan sisa darah menstruasi, maka flek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Perhatikan apakah saat ini masih ada flek yang muncul. Bila tetap ada, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika banyak, terjadi cukup sering, dan dalam waktu lama, mungkin telah terjadi perdarahan di luar siklus haid.

Pada wanita usia muda, flek di luar siklus menstruasi dapat disebabkan oleh gangguan hormonal. Beberapa kemungkinan lain dari penyebab flek di luar siklus menstruasi adalah:

Dysfunctional uterine bleeding
Endometriosis, adenomyosis
Kehamilan ektopik
Hiperplasia endometrial
Polip
Penggunaan kontrasepsi
Kanker leher rahim
Pelvic inflammatory disease

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna dilakukan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung, sertapemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menentukan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai flek di luar siklus menstruasi, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar