Sukses

Sakit Perut Setelah Makan Mie Instan

05 Aug 2017, 08:55 WIB
Pria, 25 tahun.

hallo dok, mau tanya, kenapa ya setiap kali makan mie instan perut bagian bawah saya sakit. Terasa ingin BAB, tapi tidak bisa (sembelit) kadang saking sakitnya saya pingsan di toilet. apa ada kaitannya dengan tipes? karena saya pernah opname karena tipes Mohon dijawab. terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang sakit perut setelah makan mie instan melalui fitur Tanya Dokter.

Mie instan merupakan makanan yang sangat digemari di Indonesia, selain harganya murah dan mudah didapat, rasa dari makanan ini sangatlah nikmat. Mie instan memang mengandunga kalori dan beberapa kandungan gizi, namun keseluruhannya didapatkan dalam bentuk sintesis. Bila dikonsumsi berlebihan mie instan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan pada lambng maupun menyebabkan hipertensi (karena rasanya yang asin)

Pada kasus Anda, mie instan kemungkinan menyebabkan keluhan pada organ cerna terutama lambung. Mie instan mengandung ragi pada proses pembuatannya, dan ragi ini merupakan penyebab bertambahnya gas dalam lambung, sehingga setelah mengonsumsi mie instan perut terasa sebah dan kadang nyeri. Orang yang mengalami keluhan tersebut setelah mengonsumsi mie instan biasanya penderita penyakit maag (gastritis). Di samping itu, mie instan juga mengandung bahan pengawet yang dinamakan tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ), terlalu banyak mengonsumsi bahan yang mengandung TBHQ ini akan menyebabkan akumulasi di dalam lambung, dan ternyata jumlah banyak zat tersebut dalam lambung dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga dapat memperberat keluhan pada lambung.

Untuk itu kami sarankan kepada Anda untuk membatasi jumlah asupan mie instan demi kesehatan Anda, gantilah makanan Anda dengan sumber makanan yang mengandung jumlah gizi seimbang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sakit perut setelah makan mie instan. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar