Sukses

Lidah Mati Rasa

05 Aug 2017, 07:11 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok,saya mau tanya 3 hari yang lalu saya cabut gigi bagian geraham dan saat bius lokal, tidak sengaja suntikan mengenai lidah saya, dan sampai sekarang lidah saya seperti mati rasa, apakah tidak apa apa dok? Lalu langkah apa yg harus saya lakukan?

Terima kasih sudah bertanya mengenai lidah mati rasa melalui fitur Tanya Dokter

Lidah kita dapat berfungsi sebagai indera pengecapan dengan adanya ribuan tonjol-tonjol kecil yang disebut kuncup pengecap di permukaannya. Sensor rasa yang ada di lidah kita dapat membedakan rasa manis, asin, asam dan pahit.

Ada banyak faktor penyebab yang mengakibatkan mati rasadi antaranya adalah bagian dari penuaan, kebersihan mulut yang buruk, pasien yang mengalami xerostomia (mulut kering), pasien yang sedang menjalani kemoterapi, atau sedang mengkonsumsi obat tertentu. Pada kondisi Anda berkaitan dengan terpaparnya lidah terhadap zat anestesi (bius). Kondisi tersebut bisa saja Anda alami sampai kadar obat bius di tempat tersebut menurun. Kondisi lain bisa berkaitan dengan terlukanya saraf yang ada di lidah. Apakah Anda masih bisa menggerakkan lidah dengan baik? Hal ini harus dipastikan dengan dilakukan dengan pemeriksaan. 

Kesimpulannya, saya sarankan Anda untuk segera berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dipastikan apa penyebab dari gangguan pada lidah yang Anda rasakan. Dengan demikian dapat dilakukan langkah yang tepat untuk menghilangkannya. Sering kasus trauma pada sarafpun akan mengalami perbaikan dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu

Demikian informasi mengenai lidah mati rasa kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar