Sukses

Penyebab Terlambat Haid

04 Aug 2017, 18:37 WIB
Wanita, 18 tahun.

dokter terakhir sayang datang bulan tgl 11-17 juni kemarin dok,, tapi kenapa smpai sekarang sayang belum datang bulan lagi ya dok, saya tidak mengalami hal hal seperti orang hamil, hanya saja saya sering buang air kecil dok tolong jelaskan dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab terlambat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang tanda-tanda kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya.

Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah.

Bila Anda sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif, hal ini belum bisa memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Silakan ulangi pemeriksaan testpack 1 minggu lagi bila haid belum tiba. Bila Anda hamil, kemungkinan besar hasil testpack ulang akan memberi hasil positif.

Anda sudah tidak haid selama lebih dari 35 hari, oleh karena itu sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan. Bagaimana dengan siklus haid anda sebelumnya? Apakah selalu teratur? Selain kehamilan, haid yang terlambat bisa disebabkan juga oleh infeksi, gangguan pada rahim, PCOS, dll.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar penyebab terlambat haid, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar