Sukses

Gejala dan Diagnosis Diabetes

04 Aug 2017, 17:09 WIB
Pria, 22 tahun.

dok, saya mau bertanya, say akhir akhir ini sering gatal dan mulut saya kering. adapun saya sering merasakan kesemutan di kaki dan tangan. setelah makan saya pasti merasa ngantuk yang sangat dahsyat. saya kemarin sempat berobat di klinik biasa dan perkiraan dokter saya sakit diabetes. tapi menurut silsilah keluarga dikeluarga saya tidak pernah ada yang sakit diabetes. lalu sekitar sebulan yang lalu saya periksa kolestrol dan kolestrol saya tinggi. terakhir 299. pertanyaan saya apakah saya kira2 sakit diabetes,atau kolestrol? atau juga ginjal? karna saya kadang merokok dan minum alkohol tapi tidak sering2 dok. terkadang. dan apa perlu saya melakukan mcu? terima kasih dok. mohon dibalas ya.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mulut kering dan gejala diabetes melalui fitur Tanya Dokter.\

Pertama, mulut kering bisa disebabkan oelh banyak hal, salah satu yang paling sering adalah merokok. Kebiasaan merokok yang sudah lama bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan mudah membuat bau mulut. 

Kedua, anda perlu mengetahui dahulu apa itu diabetes. Secara definisi medis, definisi diabetes meluas kepada suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif.

Gejala klasik diabetes mencakup polidipsi (sering merasa haus), polifagi (sering merasa lapar) dan poliuri (sering buang air kecil, terutama di malam hari). Selain itu juga disertai dengan sering merasa lelah dan penurunan berat badan yang terjadi drastis. Adakah gejala yang kami sebutkan Anda alami?

Selain gejala khas di atas, masih terdapat gejala lain yang juga dapat ditemukan pada penderita diabetes:
- pandangan kabur
- kesemutan pada tangan dan/atau kaki
- luka yang tidak sembuh
- gatal-gatal pada selangkangan atau kemaluan
- keputihan (wanita)

- cepat lelah dan mengantuk, hasil kerja menurun
- gangguan seksual (disfungsi ereksi)

Selain itu gejala-gejala yang terjadi juga harus didukung dengan pemeriksaan gula darah yang sesuai. Jadi untuk menentukan apakah anda diabetes atau tidak, diperlukan pemeriksaan gula darah sewaktu dan/atau gula darah puasa, dan/atau pemeriksaan hbA1c.

Walau belum dapat dipastikan penyebab utama resistensi insulin, dibawah ini terdapat beberapa faktor-faktor yang memiliki berperan penting terjadinya hal tersebut:

  • Obesitas, terutama yang besifat sentral (bentuk tubuh apel)
  • Diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat
  • Kurang gerak badan (olahraga)
  • Faktor keturunan (herediter)

Oleh karena itu, kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter umum untuk memastikan apakah anda memiliki diabetes atau tidak.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mulut kering dan gejala diabetes , Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar