Sukses

Biang Keringat di Dahi dan Hidung

04 Aug 2017, 17:09 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter, saya ingin bertanya mengenai masalah biang keringat yang dialami oleh adik saya. Adik saya berusia 10th dok, tetapi masih ada biang keringat di bagian dahi dan hidung. Sudah diobati dengan bahan2 alami sampai salep, sabun, dsb, tetapi tidak sembuh juga. Bagaimana dok cara mengobatinya supaya biang keringat tersebut bisa hilang dan bersih?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar biang keringat  melalui fitur Tanya Dokter.

Biang keringat memang sering sekali ditemui pada bayi dan anak kecil. Biang keringat atau sering disebut miliaria adalah kelainan kulit akibat retensi keringat, yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Untuk memastikan benar tidaknya adanya biang keringat pada anak Anda, memang memerlukan pemeriksaan langsung. Namun, berikut beberapa informasi mengenai miliaria yang dapat Anda ketahui.

Miliaria/biang keringat atau keringat buntet memiliki bermacam bentuk, seperti:

  • Miliaria Kristalina
  • Miliaria Rubra
  • Miliaria Profunda

Pada ketiga jenis miliaria tersebut tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, pakaian tipis dan menyerap keringat. Anda juga dapat memberikan bedak yang mengandung kandungan salisil 2% dan mentol. Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik.

Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani. Kami sarakan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan dirasakan semakin menganggu.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar biang keringat , Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar