Sukses

Batuk Karena Asma

04 Aug 2017, 14:37 WIB
Wanita, 25 tahun.

Malem dok, maaf ganggu... Aq mau tanya dok, kok kalau jam segini sampe besok pagi bangun tidur. Aq sering batuk" dahak y dok, itu kenapa y dok?? Pernah periksa kata.e batuk asma? Trus cara mengobati nya gimana ya dok? Soalnya ngak pernah sembuh? Ada resep obat yg akurat apotek ngk dok?? Ato penanganan biar cepet sembuh gimana y dok? Oia dok, batuk seperti ini menular ngk?? Trus apakah bisa menjadi TBC? Terimakasih jawaban.e dok 😊

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Halo, asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (wheezing) dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan, yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari penyempitan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Faktor risiko terbesar asma adalah genetik. Faktor risiko lainnya yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah:

alergen (zat yang menyebakan alergi): debu, karpet, bulu binatang, polusi kendaraan
asap rokok
udara dingin
iritasi zat kimia
olahraga berlebihan
infeksi virus: influenza
Secara umum gejala asma adalah sesak napas, batuk berdahak dan suara napas yang berbunyi ngik-ngik atau mengidimana seringnya gejala ini timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh, hal ini karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi dan berbagai faktor lainnya.

Faktor genetik merupakan faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah dan dapat dikontrol dengan tata laksana yang tepat. Intinya adalah setiap pasien harus mengetahui secara pasti apa saja yang membuat asmanya kambuh, langkah selanjutnya adalah menghindari faktor tersebut agar tidak kambuh.

Batuk karena asma tidak menular. Namun apabila seseorang dengan asma terinfeksi kuman TBC, akan dapa menularkan kuman tersebut melalui batuk. Perlu dilakukan pemeriksaan lain untuk mengetahui apakah terinfeksi TBC atau tidak.

Mohon maaf, terkait dengan pertanyaan Anda tentang obat kami tidak dapat menjawab pertanyaan Anda disini, hal ini dikarenakan untuk menghindari bias promosi kepada pihak / institusi / badan usaha / individu, dimana berpotensi bertentangan dengan Etika Profesi Kedokteran. Sebaiknya anda mengunjungi dokter terleboih dahulu guna mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar