Sukses

Berkeringat Dingin, Mudah Lelah, dan Jantung Berdetak Cepat

04 Aug 2017, 09:44 WIB
Pria, 27 tahun.

siang dokter., saya mau tanya.. saya sering berkeringat dingin kalau kondisi tubuh lelah sehabis aktivitas, selain itu sy jg sering pusing dan detak jantung cepat, saya juga sulit tidur sehari bisa tidur hanya dari jam 12 sampai jam 3 pagi..kemungkinannya sakit apa ya dr.? keringat dinginnya sering.. Apakah itu tanda serangan jantung? tapi dada kiri saya tidak sakit

Terima kasih telah bertanya seputar berkeringat dingin dan mudah lelah serta jantung berdetak cepat menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Anda sebaiknya melakukan medical check up untuk mengetahui status kondisi kesehatan Anda saat ini, jika keluhan yang Anda alami tidak khas.

Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala sering lelah, keringat dingin susah tidur sesuai anjuran dokter dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan maka masalah yang dialami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Gangguan cemas juga dapat memberikan gejala berupa sulit tidur, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda. Bila kecemasan berlarut-larut dan terus dirasakan, bahkan setelah tidak ada lagi yang perlu dicemaskan, hal itu bisa menjadi gangguan. Gangguan kecemasan sendiri dapat menjadi awal suatu kondisi yang serius apabila rasa khawatir dan takut timbul secara konstan.

Berikut adalah gejala-gejala umum Gangguan Kecemasan yang perlu Anda ketahui :

Perasaan panik, takut, dan gelisah
Susah tidur
Tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat
Sesak napas
Jantung berdebar-debar
Ketidakmampuan untuk diam dan tenang
Mulut kering
Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
Mual
Otot tegang
Pusing
Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan
Anda perlu bersabar mengatasi masalah ini karena memang memerlukan waktu yang cukup lama. Jangan mudah putus asa.

Keadaan sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, sering terbangun ketika tidur, bangun tidur terlalu dini disebut dengan insomnia. Bisa bersifat sementara, jangka pendek (2-3 minggu), atau kronis. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini?

Faktor yang erat kaitannya dengan insomnia adalah penyakit, depresi, kecemasan (anxietas), stres, lingkungan yang menyulitkan tidur, kafein, alkohol, perokok berat, tidur siang, kebiasaan tidur terlalu dini atau menghabiskan waktu di tempat tidur ketika tidak ingin tidur. Bagaimana dengan Anda, adakah faktor-faktor yang saya sebutkan Anda alami?

Untuk itu perhatikan bagaimana pola tidur Anda. Kami sertakan beberapa artikel yang dapat membantu Anda untuk memiliki jadwal tidur yang baik. Untuk pengobatan sebaiknya memang Anda coba tips-tips kami dahulu, oleh karena beberapa obat tidur dapat menimbulkan ketergentungan. Bila keadaan ini sangat menggangu kehidupan Anda, memang sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis psikiatri untuk pengobatan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar