Sukses

Nyeri Payudara Saat Haid

04 Aug 2017, 08:27 WIB
Wanita, 16 tahun.

Saya berumur 16 tahun dok . Waktu akan haid payudara saya membesar dan sedikit sakit ketika di tekan . Waktu sesudahnya biasa tapi kadang terasa pegal . Itu faktor keturunan atau apa dok . Bagaimana rasa menguranginya

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai nyeri payudara saat haid.

Kami memamahami kekhawtiran Anda. Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit.

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Jadi terkait dengan keluhan Anda, bisa saja berhubungan dengan periode menstruasi yang Anda alami saat ini dan itu termasuk kedalam keadaan yang wajar. Namun jika keluhan yang Anda alami terus berlanjut kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar