Sukses

Keputihan Dapat Menyebabkan Gangguan Haid

04 Aug 2017, 09:07 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum . Dokter saya ingin bertanya saya sudah menikah selama 2 tahun tapi blm juga mempunyai keturunan . Saya keputihan tapi keputihan nya encer tidak kental bening . Saya tidak pernah kb sbelum nya dari awal saya mendapatkan haid sirklus haid saya hanya 4 hari saja dok tetapi bulan kemarin saya haid hanya 2 hari saya takut knapa darah haid saya selalu keluar sedikit pdhal saya tidak pernah minum air es soda dll pada saat saya haid . Dan apakah karna sirklus haid ini saya blm memiliki keturunan atau karna keputihan ?? Oh iya dok atau karna berat badan saya yg 75 kg ?? Mohon jawaban nya dok terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar keputihan dan gangguan haid melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 2-8 hari, keluarnya darah haid berkisar 20-60 ml per hari.

Bagaimana dengan siklusnya? Apakah teratur setiap bulannya?

Jika haid Anda datang teratur maka sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan haid Anda karena haid termasuk normal. Jika lebih banyak tidak teratur, maka perlu diperhatikan lebih lanjut dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
stres psikologis
atlit
kekurangan vitamin K
penggunaan obat-obatan tertentu
kelainan pembekuan darah
gangguan hormon tiroid, dsb

Apakah ada dari faktor-faktor di atas yang Anda alami?

Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Sejauh sifat dari keputihan yang Anda alami seperti ini, maka masih fisiologis.

 Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

 Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk memeriksakan secara keseluruhan keluhan Anda sehingga Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal segera.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar keputihan dan gangguan haid, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar