Sukses

Gigi Malah Tonggos Setelah Pakai Behel Perlukah Cabut Gigi ?

04 Aug 2017, 08:37 WIB
Pria, 16 tahun.

Saya mau nanya dokter , saya seorang pasien dokter gigi yang sudah menggunakan behel selama kurang lebih 3 tahun , sebelum menggunakan behel gigi saya memang tidak teratur dan berantakan, saya memiliki 1 gigi gingsul waktu itu setelah pemakaian behel 1 tahun gigi saya sudah rapi namun masalahnya sekarang gigi saya jadi lebih maju atau lebih tonggos dari sebelumnya , mungkin itu pengaruh dari gigi yang sudah rapi tapi tidak memiliki tempat yang cukup , karena perubahan gigi saya ini saya merasa bentuk wajah saya menjadi tidak simetris , apakah yang harus saya lakukan selanjutnya dokter ? Apakah saya perlu untuk mencabut gigi saya sehingga gigi saya tidak lagi tonggos dan bentuk wajah saya kembali normal ? Apakah ada efek samping yabg ditimbulkan apabila saya mencabut gigi saya dokter ?

Terimakasih telah bertanya seputar Gigi Malah Tonggos Setelah Pakai Behel Perlukah Cabut Gigi  melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Disini saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai perawatan orthodonti, perawatan orthodontik atau behel tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, yaitu dengan pencabutan gigi atau dengan pengasahan gigi (slicing). Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan. Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. 

Perlu anda ketahui, tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) seperti yang anda tanyakan tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan, termasuk juga memperbaiki profil wajah pasien.

Dalam kasus anda, Kami sarankan agar dokter gigi anda mengukur kembali kebutuhan ruang/space yang dibutuhkan untuk memundurkan profil wajah anda. Nantinya dokter gigi akan bisa memutuskan bahwa apakah memerlukan pencabutan atau cukup pengasahan gigi (slicing) saja. Pencabutan gigi adalah tindakan medis yang tanpa pengaruh negatif atau efek samping, selama tindakan tersebut dilakukan berdasarkan prosedur standar yang sesuai, jadi aman saja bila akan melakukan pencabutan gigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Gigi Malah Tonggos Setelah Pakai Behel Perlukah Cabut Gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar