Sukses

Flu Lama

04 Aug 2017, 08:26 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat siang dok, Saya flu sudah dari 2 thn yang lalu, Setiap malam hidung mampet sebelah. Saya sudah sering pergi berobat ke dokter/klinik selalu dikasih obat flu, setelah obatnya habis flu nya mulai kembali. Apakah hal seperti itu normal ?

Terimakasih telah bertanya tentang Flu Lama menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Saya memahami rasa khawatir yang anda rasakan terkait keluhan anda. Tentu sangat menganggu jika hidung tersumbat atau keluar ingus terus menerus.

Dari cerita yang anda ceritakan sepertinya anda menderita radang hidung, umumnya disebut Rhinitis. Rhiniti dapat dicetuskan oleh berbagai hal, diantaranya adalah infeksi, alergi, udara dingin dan debu. Udara dingin dan debu merangsang persarafan di daerah hidung sehingga memicu bersin, dan memang dapat sampai terjadi berkali-kali/berulang-ulang berturutan saat bersin. Mungkin bersin dan pilek Anda disebabkan oleh akrena Anda alergi terhadap udara dingin.

Bersin-bersin karena alergi dalam dunia medis disebut dengan rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga >5x, disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer. Jika rangsangan reaksi alergi tidak terlalu kuat maka tidak sampai menimbulkan refleks bersin dan yang dirasakan hanya hidung gatal atau seperti mau bersin, tapi belum bersin.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat bersin yaitu udara dingin dan debu. Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin, menghindari mandi dengan iar yang terlalu dingin atau mandi pada saat cuaca dingin), menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan.

Untuk sinusitis, bila pilek terjadi secara berkepanjangan, maka kemungkinan dapat komplikasi menjadi sinusitis, namun ini merupakan proses yang cukup lama. Sebaiknya memang Anda menghindari hal-hal yang dapat membuat Anda alergi. Untuk mengatasi alergi selain menghindari pemicu alergi, Anda juga dapat mengkonsumsi obat alergo golongan anti-histamine namun sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter THT.

 

Demikian informasi tentang Flu Lama yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar