Sukses

Reaksi Setelah Imunisasi Campak
04 Aug 2017, 08:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok..mau tanya..apakah imunisasi campak bisa menyebabkan batuk dan pilek untuk anak usia 9 bulan

Terima kasih telah bertanya tentang reaksi setelah imunisasi campak melalui fitur Tanya Dokter.

Batuk pilek setelah imunisasi campak bukanlah reaksi yang terjadi akibat imunisasi campak. Reaksi yang dapat terjadi pasca imunisasi campak dan MMR berupa rasa tidak nyaman di bekas penyuntikan vaksin.

Selain itu dapat terjadi gejala-gejala lain yang timbul 5-12 hari setelah penyuntikan, yaitu demam tidak tinggi atau erupsi kulit halus/tipis yang berlangsung kurang dari 48 jam. Pembengkakan kelenjar getah bening di belakang telinga dapat terjadi sekitar 3 minggu pasca imunisasi MMR.

Bila hal di atas terjadi, orangtua / pengasuh dianjurkan untuk memberikan minum lebih banyak (ASI atau air buah), jika demam pakailah pakaian yang tipis, bekas suntikan yang nyeri dapat dikompres air dingin, jika demam diberikan parasetamol 15 mg/kgbb setiap 3 - 4 jam bila diperlukan, maksimal 6 kali dalam 24 jam, boleh mandi atau cukup diseka dengan air hangat. Jika reaksi-reaksi tersebut berat dan menetap, atau jika orangtua merasa khawatir, bawalah bayi / anak ke dokter.

Batuk pilek yang terjadi pada anak Anda mungkin disebabkan oleh virus karena daya tahan tubuh anak Anda yang sedang menurun sehingga mudah tertular penyakit.

Demikian penjelasan tentang tentang reaksi setelah imunisasi campak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar