Sukses

Berat Badan Naik Setelah Menggunakan KB

04 Aug 2017, 03:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok , saya ada masalah dengan berat badan saya yang selalu naik sejak saya tidak mengalami haid yg teratur seperti biasanya sejak saya memakai KB susuk dilengan saya bb saya selalu naik dan saya anak saya jg bbn'nya malah menurun sejak saya memakai KB susuk ini . Saya ingin melepas KB ini boleh ato tidak iaa dok , apa akan bermasalah ato tidak iaa?? Mkasih iaa dok , ditunggu balasanya 😊😊

Terima kasih telah bertanya tentang berat badan naik setelah pakai KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Wanita yang menggunakan kontrasepsi medroxyprogesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB susuk/ implant, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kg dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu 3 tahun pemakaian, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch(UTMB).

Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB hormonal. Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Jika Anda tidak ingin mendapatkan efek samping peningkatan berat badan. Anda bisa memilih kontrasepsi yang tidak mengandung hormon seperti IUD atau metode kontrasepsi barrier contohnya adalah kondom (untuk pria) dan diafragma (untuk perempuan). Namun metode ini, tingkat kegagalannya tinggi jika pemakaiannya tidak benar. Sedangkan pemakaian diafragma juga memiliki risiko terjadinya infeksi pada kemaluan jika pemakaiannya tidak bersih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berat badan naik setelah pakai KB suntik. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar