Sukses

Gigi Sakit Hilang Timbul Dicabut Atau Dirawat?

04 Aug 2017, 00:05 WIB
Pria, 16 tahun.

Halo Dok, Perkenalkan, nama saya Ahmad Sufyan, umur 16 tahun. Saya mau tanya. Saya mempunyai gigi berlubang di bawah belakang dan juga dinding kiri kanan udah tinggal kecil atau bisa dikatakan habis dan sering sakit seperti ngilu dan nyeri gitu dok, tapi terkadang tidak, timbul akibat mengunyah makanan dan ketika air liur banyak yang keluar. Tapi sekali timbul sakit, sakitnya bertahannya lama bener. Yang saya tanyakan. Apa yang lebih baik saya lakukan dok ? apakah harus ditambal atau dicabut atau yang lain ? Dan kira-kira berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk perawatan giginya seperti tambal atau cabut (Maaf...baru pertama kali ngalamin berobat ke dokter gigi jadi sedikit bingung soal biaya saya). Terima kasih dok

Terimakasih telah bertanya seputar gigi sakit hilang timbul dicabut atau dirawat melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Sebelumnya kami ingin memberi sedikit penjelasan kepada anda. Idealnya kita harus mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut. Gigi yang rusak parah dan berlubang besarpun tidak perlu buru-buru dicabut karena masih bisa dipertahankan dengan melakukan serangkaian perawatan.

Sebelum melakukan perawatan pada gigi yang rusak, tentunya dokter gigi akan memastikan apakah gigi tersebut masih bisa ditambal atau tidak. Semakin lama gigi rusak dibiarkan, maka perjalanan karies gigi akan terus berjalan sehingga menembus lapisan dentin pada tahap ini gigi masih dapat ditambal. Jika pada tahap ini karies gigi dibiarkan maka akan masuk ke dalam ruang pulpa yang berisi saraf gigi. Jika gigi bolong sudah menembus ke dalam ruang pulpa, maka rasa sakit akan semakin hebat, atau seperti yang sering dikatakan sakit spontan, cekot-cekot, mengganggu tidur malam. Pada tahap ini gigi sudah tidak bisa ditambal lagi, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar untuk bisa mempertahankan gigi tersebut. Bila karies gigi yang sudah mencapai ruang pulpa ini dibiarkan maka gigi lama kelamaan akan terbelah. Pada tahap ini gigi sudah tidak dapat dipertahankan sehingga harus dicabut.

Dalam kasus anda, gigi termasuk sudah rusak cukup parah namun masih bisa dilakukan perawatan saraf gigi. Untuk biaya perawatan saraf gigi sangat bervariasi tergantung dari lokasi serta fasilitas klinik / rumah sakit tersebut. Sebagai patokan total biaya perawatan saraf gigi sampai tuntas di Klinik Swasta wilayah Jakarta Selatan kisaran Rp.1.000.000 – 2.000.000,-. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi sakit hilang timbul dicabut atau dirawat, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar