Sukses

Mengatasi Gusi Bengkak

03 Aug 2017, 23:15 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, sya mau tanya,gusi ku kan lg bengkak nih.. Bagaimana yah caranya agar bengkaknya bisa turun? Soalnya sudah 3 hari bengkak dan mengganggu skali dok. Apalagi saya 3 hari ini makan bubur terus dok karna kalau makan nasi,gusi saya sakit dok.

Terimakasih telah bertanya tentang mengatasi gusi bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan dalam penjawaban.

Apakah gusi yang terasa ngilu hanya di satu gigi tertentu atau merata hampir di seluruh gigi? Jika hanya terlokalisir pada gigi tertentu, apakah gigi tersebut berlubang dan pernah terasa sakit? Atau gigi tersebut goyang? gigi tersebut terasa sakit saat mengunyah atau berkontak dengan gigi lawannya? Apakah terdapat karang gigi di sekitar leher gigi?Apakah pembengkakan gusi tersebut hanya terjadi pada daerah itu saja?Bagaimana dengan warnanya, apakah lebih merah, apakah lebih mudah berdarah, dan apakah berisi nanah?Apakah Anda ingat apa yang pertama kali memicu bengkaknya gusi Anda? dan apakah ada obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi secara rutin hingga saat ini?Bagaimana dengan riwayat kesehatan Anda, apakah ada penyakit sistemik yang pernah atau sedang Anda derita?

Penyebab pembengkakan gusi cukup banyak dan sulit ditentukan tanpa pemeriksaan klinis, apalagi hanya berbekal keterangan sesingkat itu. Paling umum adalah kebersihan mulut yang buruk sehingga plak menumpuk dan gusi menjadi bengkak namun biasanya pembengkakan tersebut terjadi secara menyeluruh. Penyebab lainnya adalah adanya infeksi pada gigi yang bersangkutan, yang telah mencapai ujung akar gigi dan berlanjut ke jaringan pendukung gigi meliputi gusi dan tulang rahang. Bila ini yang terjadi, pembengkakan tersebut disebut abses dan berisi nanah, meski tidak selalu nanah tersebut dapat mengalir keluar, bila ditekan biasanya terasa lunak.bisa juga karena trauma oklusi pada gigi yang bersangkutan.

Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi yang berpraktek di sekitar tempat tinggal Anda, agar dapat ditegakkan diagnosa yang tepat dan segera dapat dirawat. Keterangan yang dapat saya berikan hanya berdasarkan asumsi dan dugaan, dan tidak dapat menggantikan pemeriksaan klinis yang dilakukan secara langsung oleh dokter gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengatasi gusi bengkak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar