Sukses

Telapak Tangan Sering Berkeringat dan Jantung Lemah

03 Aug 2017, 00:08 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya sering mengalami denyut jantung yg kadang terasa sakit dan sesak, dan keringat berlebih di telapak tangan. . Setelah saya konsuktasi ke dokter ternyata jawabannya seperti ini. "Saraf jantungya lemah. Susah katanya kalau mau di obatin pun. Saya harus rileks jangan mendekati sesuatu yang bkin tegang. Terus kalau soal tangan. . Ada alternatifnya cuman dioperas keringat gitu. dibakar saraf keringatnya tiap 3bulan sekali. Ada lagi emang dikeringkan keringatnya cuman effect nya kdang jadi air mata jg kering..Saraf jantung lemah, saraf simpatis berlebih.. Jadi kalau ada yang bikin kaget atau tegang larinya ke jantung bisa sakit atau deg2n berlebih". Ini bagaimana ya dok untuk mengobati saraf jantung, theraphy apa yang cocok saya agak cemas dalam hal inu ??

Terima kasih sudah bertanya tentang menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

 

Nyeri di dada seringkali langsung dianggap sakit bagian jantung. Sebelumnya perlu kami tanyakan, Berapa lama keluhan ini sudah berlangsung? Bagaimana karakteristiknya, apakah nyeri seperti ditusuk-tusuk, atau seperti ditekan. Apakah nyeri menjalar ke daerah tubuh yang lain? Berapa lama nyeri itu berlangsung bila muncul? Seberapa kuat sakitnya? Apakah Ada keluhan lain selain sakit dada? Hal ini perlu untuk membedakan dari organ mana nyeri berasal. Apakah berhubungan dengan perubahan posisi? Seberapa luas daerah yang nyeri?

Nyeri yang dada Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Untuk usia Anda, kemungkinan besar bukan sakit jantung, lebih sering karena masalah otot atau tulang, dan masalah psikis. Apakah ada beban pikiran yang sangat menganggu Anda akhir-akhir ini? Keluhan ini dapat berkurang dengan mengkonsumsi multivitamin dan antinyeri seperti paracetamol.

Namun, jika keluhan memberat ada baiknya anda berkonsultasi ulang ke dokter spesialis jantung agar bisa dilakukan pemeriksaan penunjang lain, seperti pemeriksaan rekam jantung. Ceritakanlah juga dengan lengkap keluhan yang dirasakan agar Anda mendapatkan tatalaksana yang optimal.

Untuk keluhan keringat di telapak tangan anda, ijinkan kami menjeaskan sedikit. Mengeluarkan keringat berlebih disebut juga dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum. Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu :

  1. Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.
  2. Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.
  3. Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Anda mungkin mengalami hiperhidrosis fokal primer yaitu hiperhidrosis pada telapak tangan atau kaki yang tidak diketahui sebabnya dan umumnya diobati dengan obat-obatan.

Menurut American Academy of Dermatology, Hiperhidrosis diterapi dengan beberapa cara yaitu :

  • Antiperspirant yang mengandung alumunium klorida heksahidrat, glutaraldehid, formaldehid, dengan kadar tinggi (15%) dengan cara dioleskan di malam hari pada kulit yang kering, daerah berambut (ketiak), dan dicuci di pagi hari. Penutupan daerah yang diberikan antiperspirant dengan plastik juga dapat dilakukan.
  • Teknik Iontophoresis, umum dilakukan pada hiperhidrosis telapak tangan dan kaki. Tangan diletakkan di dalam larutan berisi elektrolit dengan elektrik kadar rendah. Dapat efektif untuk kasus ringan
  • Suntikan Botulinum tipe A. Suntikan ini diberikan di daerah ketiak, telapak tangan dan kaki untuk mengurangi jumlah keringat. Botulinum akan memblok pengeluaran dari neurotransmiter (asetilkolin) dan merupakan terapi yang efektif selama 4-8 bulan. Suntikan ulang perlu dilakukan lagi di kemudian hari
  • Obat oral. Obat jenis glycopyrrolate dan propantheline bromide berfungsi mencegah terstimulasinya kelenjar keringat. Mereka memblok reseptor kolinergik. Beta bloker juga dapat digunakan untuk terapi keringat berlebih yang terjadi karena stres. Namun obat-obatan ini memiliki efek samping sehingga harus dipertimbangkan risk and benefit
  • Operasi. Hal ini dilakukan pada hiperhidrosis berat yang gagal dengan pengobatan lainnya. Operasinya dinamakan Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS). Operasi hanya dilakukan bila cara konvensional tidak berhasil

 


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar