Sukses

Sakit Kepala dan Mata Merah

03 Aug 2017, 00:08 WIB
Wanita, 57 tahun.

Selamat siang dok,saya mau tanya ibu saya awalnya matanya merah lama kelamaan kepalanya sangat pusing,sudah saya minum parasetamol dan amoxilin tetap sakit dan malah selang 2 hari akar giginya sakit,,itu kenapa yah dok? Dan obatnya apa dok? Sebaiknya saya periksakan ke dokter mata atau umum atau gigi dok? Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya tentang Sakit Kepala dan Mata Merah menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Bagaimana kriteria sakit kepala yang anda rasakan? Apakah paling berat disebelah kepala saja? Apa kepala seperti terasa diikat? Apakah disertai gejala lain, seperti gejala memberat jika melihat cahaya terang atau suara bising?

 Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Atau pada kasus Anda kemungkinan gejala berhubungan dengan penggunaan komputer. Terlalu lama bekerja di depan komputer membuat mata lelah dan terkadang pusing.

Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache,cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. 

Nyeri kepala sebelah yang berat disertai dengan gangguan pada mata sebelah (unilateral) dapat terjadi pada cluster headache. Mungkin jenis sakit kepala inilah yang Anda alami, bukan migraine. Ciri-ciri nyeri kepala kluster adalah nyeri kepala berat atau sangat berat pada daerah orbital (sekitar mata) atau temporal (pelipis), yang hilang dalam 15-180 menit, jika tidak diobati, dan serangan sakit kepala dapat mencapai 16 kali dalam 48 jam. Keluhan sakit kepala disertai oleh salah satu dari tanda otonom berikut: ptosis (kelopak mata menurun), miosis (pupil mengecil), injeksi konjungtiva (mata merah), lakrimasi (air mata menetes), pilek, dan wajah kemerahan, bengkak, atau berkeringat. Kesemua keluhan tersebut muncul pada satu sisi.

Amoxilin adalah salah satu jenis antibiotik golongan penicilin yang digunakan untuk melawan bakteri. Penggunaan obat tanpa resep dan pengawasan Dokter, terlebih apabila dikonsumsi dengan cara yang salah dapat menyebabkan tubuh Anda resisten di kemudian hari. Adanya mata merah ataupun sakit kepala tidak selalu disebabkan oleh infeksi, dan adanya infeksi tidak selalu disebabkan oleh bakteri. Apabila infeksi disebabkan oleh virus, hal yang penting dilakukan adalah menjaga asupan nutrisi harian Anda dan beristirahat, karena infeksi virus akan mereda hanya dengan perlawanan dari sistem imun tubuh manusia.

Untuk keluhan sakit gigi, Anda kami sarankan untuk langsung ke dokter gigi agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan diberi terapi sesuai penyebab nyeri yang anda rasakan. 

Untuk memastikan diagnosis keluhan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter umum terlebih dahulu agar bisa dipastikan apakah penyebab mata merah dan nyeri kepala yang anda rasakan saling berhubungan atau tidak. Jika dirasakan perlu, maka dokter umum tersebut akan merujuk anda ke dokter spesialis yang bersangkutan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sakit Kepala dan Mata Merah, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Muhammad sarjuki

    Met sore dok.mav obat yg paling tepat.kepala sakit sebelah mata sakit merah.hidung pilek berair.?tlong dok.sakit banget.makacih