Sukses

Tidak Menstruasi 3 Bulan

03 Aug 2017, 14:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

pagi dok. saya mau bertanya. saya sudah menikah. hampir 3 bulan ini saya bln menstruasi. sudah TP hasilny negatif. sudah pernah cek urine ke laboratorium hsilny jg negatif. akhirny sy mencoba konsul ke dr spog. kta dr spog sya mempunyai siklus haid yg tidak teratur krna gangguan hormon. saya diberi obat tablet namany norestil diminum 2x1 untk memancing kembali siklus haid sya. dr spog ny blg kalau mau program hamil saya hrus di USG transvaginal dahulu untk mengetahui jumlah sel telur saya. yg mau saya tanyakan, apakah fungsi obat norestil ini dok? apakah setelah minum obat ini mens sya lancar kmbli? lalu haruskah saya di usg transvaginal? saya googling usg transvaginal itu memasukkan benda berjenis besi gt kedalam rahim melalui vagina. apa ada cara lain untk mengembalikan siklus menstruasi saya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar belum menstruasi 3 bulan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kondisi tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita disebut dengan amenorea. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah menopause. Siklus menstruasi normal meliputi interaksi antara komplek hipotalamus-hipofisis-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat.

Amenorea sendiri terbagi dua, yaitu:

1. Amenorea primer

Amenorea primer adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita usia 16 tahun. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi. Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

Pubertas terlambat
Kegagalan dari fungsi indung telur
Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)
Gangguan pada susunan saraf pusat
Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

2. Amenorea sekunder

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah menstruasi sedikit>), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5%

Obat yang Anda sebutkan adalah obat yang berisi norethisterone. Norethisterone adalah obat khusus wanita yang sebenarnya adalah hormon progesteron buatan untuk mengobati beberapa kondisi, seperti nyeri dan perdarahan berlebihan saat menstruasi (kondisi endometriosis), siklus menstruasi tidak teratur, amenorrhea, serta kanker payudara. Dalam dosis rendah, norethisterone bahkan bisa digunakan untuk mencegah kehamilan (kontrasepsi).

Pemeriksaan USG Transvaginal adalah pemeriksaan yang paling jelas untuk memvisualisasi sel telur, dibandingkan dengan USG abdominal dan pemeriksaan lainnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar