Sukses

Bolehkah Memberikan Obat Cacing Kepada Anak Secara Langsung?

03 Aug 2017, 13:59 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter mungkin anak saya cacingan, karena tanda2 nya sama dgn anak yg cacingan. Tapi saya belum periksa tinja nya ke labolatorium. Apakah saya boleh memberikan obat cacing langsung kpd anak tanpa periksa dlu ke dokter? Dan anak saya dlm keadaan sakit perut mual muntah. Bagaimana dokter?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang pemberian obat cacing pada anak melalui fitur Tanya Dokter

Obat cacing diberikan hanya kepada anak-anak yang terbukti cacingan. Anak cacingan tidak memberikan keluhan yang khas. Bisa saja keluhan yang muncul berupa berat badan tidak naik, kurang nafsu makan, atau bila berat bisa sampai pucat (anemia) dan buang air besar keluar cacing. Sehingga, untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan tinja (feces) untuk melihat apakah ditemukan telur cacing atau larva cacing di feses anak. Jika anak tidak cacingan dan tidak ada gejala-gejala cacingan seperti anak menjadi rewel, lesu, pucat, berat badan menurun dan perut kembung, maka anak tidak perlu diberikan obat cacing. Bila memang terdapat kecurigan cacingan, maka anak dapat diberikan obat cacing.

Terdapat beberapa jenis obat cacing. Obat cacing biasanya diberikan single dose (1x pemberian) dan diulang 6 bulan berikutnya. Pemberian obat ini harus di bawa pengawasan dokter.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan :

-Cuci tangan dengan sabun setiap anak selesai bermain dan hendak makan
-Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak
-Menjaga kebersihan tempat bermain anak
-Selalu gunakan alas kaki setiap kali keluar rumah
-Jaga kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh anak, dengan melakukan teknik pencucian makanan dan dengan cara memasak yang benar

Mengenai keluhan mual dan muntah pada anak Anda, kami sarankan untuk menemui dokter Anak agar dapat ditangani lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait pemberian obat cacing pada anak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar