Sukses

Telat Haid dan Benjolan di Vagina

03 Aug 2017, 09:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamu'alaikum. Pagi dok, saya Asri dari Rawamangun ingin bertanya . Saya telat datang bulan dok, sudah selama 2 minggu sampai sekarang. Seharusnya saya haid tanggal 16/17 bulan juli 2017 kemarin, atau saya biasanya haid di pertengahan bulan. Jika memang ingin berganti fase haid di awal bulan, saya tanggal 30/31 sudah merasakan gejala ingin haid. Tapi hingga tanggal 1 Agustus 2016 akhirnya saya merasakan gejala ingin haid yaitu payudara saya terasa sakit, itu memang gejala yg saya alami jika ingin haid. Tapi biasa nya setelah 2hari merasakan sakit payudara saya langsung haid dok, tp sampai skrg tanggal 3 agustus masih belum haid juga. Kira2 disebabkan oleh apa dan bagaimana cara pengobatannya(mengatasinya) ? Satu lagi dok saya mengalami kemunculan benjolan di pinggiran bibir vagina saya, nah awalnya benjolan itu kecil, tapi lama2 kemudian agak membesar tp tidak terlalu besar, dan lama2 kemudian sedikit menimbulkan rasa sakit dan sedikit gatal jika disentuh benjolan itu. Benjolan itu seperti gelembung air tapi berada di dalam kulit agak keras. Saya takut itu salah satu gejala kanker. Mohon jawabannya dok. Terimakasih. Wassalamu'alaikum.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar telat haid dan benjolan di vagina melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Mengenai penyebab telat haid, kami lampirkan artikel berikut : penyebab-telat-haid-selain-kehamilan

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

-Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
-Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
-Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
-Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
-Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
-Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit kelamin untuk tatalaksana selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vagina gatal dan benjolan vagina. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

1 Komentar

  • Ayu******ri

    Dok , saya telat haid selama dua bulan , saya tidak merasakan sakit atau sebagai nya .. saya cek saya tidak hamil , saya khawatir bila ada apa apa dengan saya dok .. lalu bagaimana cara mempercepat haid ?