Sukses

Pengapuran Pembuluh Darah

03 Aug 2017, 09:58 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalamu'alaikum.. dokter mau tanya. Saya punya Tante usia 46 th, mengalami penurunan berat badan yg drastis, lemas, makan sedikit-sedikit, dan mengalami gangguan psikologi. Tante saya memiliki penyakit diabetes dan darah tinggi. Dari hasil CT scan dokter menyatakan Tante saya menderita pengapuran pembuluh darah otak bagian kanan & kiri. Yang saya tanyakan penyebab penyakit pengapuran pembuluh darah otak itu apa Dokter ? Apakah bisa di sembuhkan ? Dan obatnya apa ya ? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter klikdokter.

 

Pada dinding pembuluh darah memang bisa terbentuk plak yang disebabkan oleh proses aterosklerosis (pembentukan plak dalam pembuluh darah) yang kemudian dapat mengalami pengapuran. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti:

  • Usia
  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus

Pembentukan plak ini dapat terjadi pada pembuluh darah manapun, bisa di jantung (penyakit jantung koroner), otak (stroke), kaki (DVT), dll. Pembentukan plak atau aterosklerosis merupakan suatu proses yang kronis dan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Menurut pendapat kami, penanganan penyumbatan pembuluh darah diotak tergantung dari berat ringannya penyakit dan derajatnya sumbatan. Bila penyumbatan kurang dari 50% maka dilakukan dengan menggunakan obat-obatan anti trombus (menghancurkan sumbatan yang telah terjadi). Sedangkan bila sumbatannya > 50% tindakan yang akan dilakukan yaitu melakukan operasi bedah mikro (micro surgery).

Berapakah skor pengapuran pada tanta anda? Berapa persen panyumbatan pembuluh darahnya?

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar