Sukses

Gatal Seluruh Tubuh

03 Aug 2017, 09:56 WIB
Pria, 42 tahun.

Dear Dokter, Bulan April lalu saya melakukan operasi pengangkatan kantung empedu beserta batu empedu sebesar 2,3cm yg masuk ke saluran empedu. Saat ini saya selalu mengalami gatal hebat disekujur tubuh setiap malam dan saat2 tertentu, Saya merasakan spt kesemutan dibeberapa bagian tubuh dan diakhiri dengan gatal hebat hingga telapak kaki dan telapak tangan. Selain itu, dalam hasil lab terakhir, saya didiagnosa mengidap fatty liver. Mohon diberi pencerahan kira2 obat apa yg bis saya gunakan untuk mengurangi gatal hebat ini tanpa memberatkan liver saya. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Gatal Seluruh Tubuh menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa.

Kelainan di kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

1. Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen), faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
2. Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain
3. Faktor hormon / endokrin
4. Alergi makanan dan obat
5. Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik
6. Anemia kekurangan zat besi, dan
7. Riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Bagaimanapun, untuk dapat mendiagnosa suatu penyakit harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi tentang Gatal Seluruh Tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar