Sukses

Mengenali Tanda dan Gejala Stroke

03 Aug 2017, 09:33 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat pagi, Dok. Sdh 2 tahun ini ibu mertua saya jalan memakai alat bantu jalan (tongkat kaki 4). Sebelumnya beliau sempat di operasi karna ada pembuluh darah yg pecah di bagian otak. 2 hari yg lalu seperti biasa beliau minta diantar kontrol untuk memeriksa tekanan darah, kadar kolestrol dll , hasilnya semua normal. Setelah kontrol dan mendapat obat, beliau konsumsi seperti anjuran dokter namun setelah 2 hari mengonsumsi skrg ibu mertua saya menjadi pelo (cadel). Yg ingin saya tanyakan penyebab pelo (cadel) tsb apakah dr pengaruh obat ? Ataukah tanda2 gejela stroke ? Terima kasih, Dok

Terimakasih telah bertanya tentang Mengenali Tanda dan Gejala Stroke melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Stroke merupakan suatu kegawatdaruratan medis yang harus segera dikenali dan ditangani. Stroke dapat disebabkan oleh karena penyumbatan pembuluh darah di otak atau yang dikenal dengan stroke iskemik atau bisa juga karena disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak atau yang dikenal juga dengan stroke hemorrhagik.

Seseorang yang mengalami serangan stroke harus sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mencegah berlanjutnya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal.

Masa golden period adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat.

Keterlambatan dalam penanganan stroke dapat meningkatkan resiko kecacatan dan bahkan kematian. Waktu merupakan hal yang sangat penting sehingga semua orang harus mengetahui gejalanya dan bertindak cepat. Berikut adalah cara yang mudah untuk mengenali gejalanya. Ingatlah kata FAST, masing-masing terdiri dari singkatan gejalanya:

F atau Face (wajah). Mintalah orang tersebut untuk tersenyum. Apakah ada sisi sebelah wajah yang tertinggal? Apakah wajah atau matanya terlihat jereng atau tidak simetris? Jika ya, orang tersebut mungkin saja sedang mengalami stroke.

A atau Arms (tangan). Mintalah orang tersebut untuk mengangkat kedua tangan. Apakah ia mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu atau kedua tangannya? Apakah salah satu atau kedua tangannya dapat ditekuk?

S atau Speech (perkataan). Mintalah orang tersebut untuk berbicara atau mengulangi suatu kalimat. Apakah bicaranya terdengar tidak jelas atau pelo? Apakah ia kesulitan atau tidak berbicara? Apakah ia memiliki kesulitan untuk memahami yang Anda katakan?

T atau Time (waktu). Jika ia memiliki seluruh gejala yang disebutkan di atas, orang tersebut mungkin mengalami stroke. Selalu ingatlah bahwa stroke merupakan kasus yang darurat. Anda harus segera membawa orang tersebut ke rumah sakit. Ingatlah juga untuk mencatat waktu kapan orang tersebut mengalami gejala-gejala itu. Untuk membantu dokter dalam menentukan terapi.

Bicara pelo yang terjadi pada mertua Anda dapat menjadi petanda adanya perluasan area stroke pada otak. Saya sarankan Anda membawa mertua Anda untuk kembali berkonsultasi dnegan dokter spesialis saraf yang selama ini menangani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mengenali Tanda dan Gejala Stroke. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar