Sukses

Penyakit Jantung Rematik

03 Aug 2017, 09:56 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, adik saya baru saja di vonis terkena rematik jantung... apakah penyakit ini bisa sembuh total, gejalanya baru muncul dan hasil rotgen serta lab menunjukan demikian, adik saya wanita 20 tahun Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya mengenai penyakit jantung rematik melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Penyakit jantung reumatik (PJR) adalah salah satu komplikasi yang membahayakan dari demam reumatik. Penyakit jantung reumatik adalah sebuah kondisi dimana terjadi kerusakan dari katup-katup jantung yang disebabkan oleh demam reumatik. Katup-katup jantung tersebut rusak karena proses perjalanan penyakit yang dimulai dengan infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus βhemoliticus tipe A (contoh: Streptococcus pyogenes), bakteri yang bisa menyebabkan demam reumatik.

Seseorang yang mengalami demam rematik apabila tidak ditangani secara adekuat, Maka sangat mungkin sekali mengalami serangan penyakit jantung rematik. Infeksi oleh kuman Streptococcus Beta Hemolyticus group A yang menyebabkan seseorang mengalami demam rematik dimana diawali terjadinya peradangan pada saluran tenggorokan, dikarenakan penatalaksanaan dan pengobatannya yang kurang terarah menyebabkan racun/toxin dari kuman ini menyebar melalui sirkulasi darah dan mengakibatkan peradangan katup jantung. Akibatnya daun-daun katup mengalami perlengketan sehingga menyempit, atau menebal dan mengkerut sehingga kalau menutup tidak sempurna lagi dan terjadi kebocoran.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan mengenai penyakit jantung rematik. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar