Sukses

Makna Pemeriksaan Ca 125

03 Aug 2017, 09:33 WIB
Pria, 29 tahun.

dok 2 tahun yang lalu saya divonis kista, saya menolak operasi dan kemarin saya melakukan trans vagina, di ovarium saya terdapat benjolan sebesar 8 cm dan benjolan2 kecil lainnya. dokter meminta sy cek darah hasilnya ca 125 saya 46,8 apakah ini berbahaya dok?

Terima kasih telah bertanya tentang Makna Pemeriksaan Ca 125 melalui fitur tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. CA-125 merupakan protein yang disebut juga tumor marker atau biomarker, yaitu suatu substansi yang ditemukan dalam jumlah besar pada sel-sel tumor dibandingkan pada sel-sel lain dalam tubuh. Protein ditemukan dalam jumlah banyak terutama pada sel-sel kanker indung telur (ovarium). Kadar CA-125 normalnya dibawah 35 namun setiap laboratorium dapat memiliki nilai batas berbeda sehingga hasil bergantung dari nilai batas laboratorium tersebut,

Peningkatan kadar CA-125 dalam darah juga ditemukan pada keadaan tumor tuba falopii, dinding uterus paru, payudara, atau saluran pencernaan. Namun, peningkatan juga dapat ditemukan pada keadaan yang "ringan" seperti infeksi dalam saluran pencernaan, saluran pernapasan, menstruasi, kehamilan, endometriosis, tumor jinak indung telur, dan penyakit liver atau hepar. Pada kasus anda, kadar ca 125 yang meningkat mengkonfirmasi pertumbuhan kista di dalam ovarium. Untuk mendapatkan penaganan terbaik, Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter kandungan yang saat ini menangani Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Makna Pemeriksaan Ca 125. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar