Sukses

Menurunkan Berat Badan Untuk PCOS

03 Aug 2017, 05:29 WIB
Pria, 28 tahun.

Saya mempunyai PCOS dan saya baca di internet gejala PCOS bisa dikendalikan dengan mengendalikan berat badan. Saya termasuk orang yang malas berolahraga dan saat ini saya tertarik untuk memakai sauna portable untuk menurunkan berat badan. Yang ingin saya tanyakan apakah gejala PCOS bisa dikendalikan dengan menurunkan berat badan menggunakan sauna portable? note : Saya haid terakhir bulan Januari 2017 dan saat ini saya dan suami ingin memiliki momongan.

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar menurunkan berat badan untuk PCOS melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

PCOS atau dikenal juga dengan polycystic ovary syndrome adalah masalah ketidakseimbangan hormone pada perempuan. Hal ini mengakibatkan masalah menstruasi dan menyebabkan kesulitan untuk hamil. Penyebab PCOS sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti. PCOS menimbulkan gejala sebagai berikut;

- Jerawat
- Peningkatan berat badan
- Tumbuh rambut berlebih pada wajah dan tubuh
- Rambut tipis
- Menstruasi tidak lancar
- Masalah kehamilan
- Depresi

Untuk mengetahui masalah PCOS perlu terlebih dahulu dilakukan wawancara mendalam seputar riwayat kesehatan, gejala dan siklus menstruasi selain itu pemeriksaan fisik untuk melihat tanda dari PCOS dan juga perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan darah laboratorium dan pemeriksaan USG.

Untuk menangani PCOS serangkaian olahraga teratur, diet seimbang, kontrol berat badan adalah kunci penanganan PCOS. Penatalaksanaannya diantaranya sebagai berikut;
- Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara teratur
- Makan makanan seimbang dan sehat
- Penurunan berat badan diketahui penurunan 4.5 kg dapat membantu melancarkan siklus menstruasi
- Stop merokok

Seperti diketahui melakukan aktivitas fisik lebih direkomendasikan dibandingkan dengan penggunaan alat alat yang membantu menurunkan berat badan. Untuk penatalaksanaan terbaik selalu konsultasikan kondisi Anda pada dokter spesialis kandungan.

Demikian kami sampaikan informasi seputar menurunkan berat badan untuk PCOS, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar