Sukses

Tumbuh Jaringan Menonjol Pada Bekas Luka Kecelakaan

03 Aug 2017, 02:06 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam klikDOKTER. Saya mempunyai masalah dengan bekas luka yang membekas. Sebelumnya saya mengalami insiden kecelakaan yang membuat saya terluka pada bagian lutut dan kaki. Setelah proses penyembuhan, penutupan/pengeringan luka selesai, pada bagian bekas luka-lukanya mengalami semacam pembengkakan sedikit (agak menonjol sedikit). Warnanya agak kemerahan dan akan berwarna ungu apabila berada dalan suhu yang dingin (kedinginan). Seringkali terasa gatal di bagian tonjolannya. Bagaimakah cara untuk mengurangi tonjolannya, rasa gatalnya dan menyamarkannya? Mohon informasinya. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan keloid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kemungkinan pada bekas luka kecelakaan tersebut tumbuh jaringan keloid. Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu. Jaringan ini tumbuh melebihi garis luka pada kulit.

Biasanya keloid tumbuh di daerah lengan atas, dada, punggung, cuping telinga, pipi dan anggota gerak.

Kita dapat mengidentifikasi keloid dengan memperhatikan adanya jaringan yang menimbul, keras, tidak beraturan, berbatas tegas dan biasanya berwarna coklat dan keputihan pada daerah bekas luka. Terkadang keloid tersebut dapat terasa gatal dan nyeri.

Biasanya keloid ini sering ditemui pada mereka yang berusia kurang dari 30 tahun, berkulit gelap, dan memiliki riwayat luka pada kulit (misal: tindik telinga, tato, luka jatuh, bekas vaksin, bekas cacar, dll).

Mereka yang memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami keloid memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami keloid pada bekas lukanya.

Hingga saat ini, keloid merupakan masalah kulit yang paling pelik dan seringkali membuat dokter maupun pasien frustasi. Ini disebabkan karena keloid merupakan kelainan yang sering kambuh kembali meskipun telah berhasil dihilangkan.

Penanganan keloid harus disesuaikan dengan ukuran keloid itu sendiri. Keloid yang berukuran kecil biasanya cukup ditangani dengan krioterapi (bedah beku). Keloid yang berukuran sedang biasanya cukup efektif ditangani dengan suntikan kortikosteroid. Penanganan dengan operasi dikombinasi dengan suntikan kortikosteroid atau terapi lain nampaknya merupakan pilihan terbaik saat ini untuk menangani keloid yang berukuran cukup besar atau yang kambuh dan sulit diatasi.

Penanganan keloid menuntut adanya diskusi terbuka antara dokter dengan pasien. Hal ini akan meningkatkan angka kepuasan penanganan keloid karena komunikasi dua arah dapat menjembatani keinginan pasien dengan keilmuan medis yang dimiliki oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penanganan keloid. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar