Sukses

Perawatan Luka Operasi Usus Buntu

03 Aug 2017, 01:52 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya ingin baru seminggu yang lalu di operasi karna usu buntu. saya ingin bertanya beberapa,setelah seminggu paska operasi,saya melakukan control yg pertama kali,itu hnya mengganti perban baru saja. saya ingin bertanya.apakah perban di perut saya dapan saya buka sendiri dengan alasan mandi atau membersihkan bada,setelah mandi luka atau jaitan yg ada,di perut saya,saya sendiri menggatikan perban baru(apakah itu di perbolehkan atau tidak?) apakah perban dapat di buka sementara supaya luka jahitan mendapatkan udara segar,karna menurut orang yang saya kenal,mereka mengatakan bahwa luka jahitan lebih baik sering2 membuka perban,tidak di tutup perban hingga cotrol next timne nya setelah seminggu saya operasi,terkadang saya merasakan gatal di daerah bekas jahitan,terkadang juga saya merasa kembung/bega padahal saya hanya makan sedikit saja... hanya itu saja Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar perawatan luka bekas operasimelalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada prinsipnya penggantian perban harus dilakukan dengan peralatan dan kondisi yang bersih. Bila Anda yakin dapat melakukan tindakan pembersihan a/antiseptik dengan baik, maka Anda dapat melakukannya sendiri, tentu setelah bertanya ke dokter yang merawat Anda apakah boleh dibersihkan sendiri atau tidak. Bila luka cukup besar, biasanya perban tidak boleh dibuka dahulu karena untuk membiarkan proses penyembuhan terjadi tanpa gangguan, seperti gesekan, kemungkinan infeksi dari luar, dll.

Bila ingin mandi pun sebaiknya luka ditutup, terlebih bila luka bekas operasi belum menutup secara sempurna. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Sebaiknya, pastikan kembali apakah luka Anda sudah dapat dilakukan rawat luka sendiri di rumah pada dokter bedah yang merawat Anda.

Rasa gatal pada daerah bekas jahitan adalah reaksi yang normal pada penyembuhan luka. Ini berarti luka sudah mulai pada masa penyembuhan. Sedangkan untuk masalah kembung/ begah, pasca operasi perut mungkin akan terasa masih kembung. Namun jika perut kembung disertai salah satu gejala seperti, nyeri perut, demam, mual, muntah, perut tegang, maka Anda perlu waspada dan segera periksakan diri ke dokter Anda.

Untuk membantu penyembuhan luka bekas operasi Anda, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Minumlah cairan dalam jumlah yang banyak (> 2 liter per hari).  Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka. Makanan sumber protein adalah seperti daging merah, daging unggas, ikan, telur, tahu, dan tempe. Vitamin A dan C dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Tidak ada pantangan makanan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai perawatan luka bekas operasi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar