Sukses

Perdarahan Setelah Keguguran

03 Aug 2017, 00:08 WIB
Wanita, 27 tahun.

Halo dok... Pada tgl 18 kemarin sy mengalami keguguran spontan anak ke 2 pd usia kehamilan 16 week. Krn dirasa seluruh jaringan telah keluar maka sy tdk melakukan USG. Tdk merasa mules berlebih atau pendarahan berlebih hanya saja sakit d pinggang dan panggul. Hari kemarin ketika BAK sy nendapati sisa jaringan keluar sbesar tutup botol air mineral. Dan hari ini sudah tdk ada pendarahan hanya cairan kekuningan sedikit. Yang sy mau tanya apa normal sebelum 2 minggu pendarahan telah terhenti? Perlukah sy USG? dan kapan kondisi rahim pulih dan siap dibuahi kembali? Terima kasih dok

Terima kasih sudah bertanya tentang Perdarahan Setelah Keguguran menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Pada umumnya setelah satu minggu dari keguguran dan kuret, darah sudah tidak keluar lagi dan menstruasi berjalan normal. Apabila Anda minum obat untuk mengeluarkan janin dan janin keluar, variasi perdarahan dapat berlangsung beberapa hari bahkan sampai 2-3 minggu. Selama darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak berkurang atau makin banyak, maka sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut karena dikhawatirkan masih ada sisa janin didalam rahim sehingga memicu perdarahan yang lama.

Untuk memastikan bahwa kandungan sudah bersih dari sisa jaringan, maka diperlukan pemeriksaan USG baik USG Abdominal ataupun USG Transvaginal untuk melihat keadaan rahim dan ada atau tidaknya sisa jaringan. Untuk itu kami sarankan Anda mengkonsultasikan hal tersebut secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Jika perdarahan yang terjadi terus menerus dalam jumlah banyak tidak segera diatasi, dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan keselamatan penderita. Jika kadar hemoglobin sudah sangat rendah akibat perdarahan, maka diperlukan pertimbangan untuk pemberian transfusi darah.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Perdarahan Setelah Keguguran, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar