Sukses

Ingin Hamil Pasca Lepas KB

02 Aug 2017, 23:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sudah punya anak 1 . Skrg sedang ingin program untuk punya anak ke-2 . Kemarin setelah melahirkan saya sempat memakai KB selama 1 thn. Dan saya sekarang baru lepas KB 5 Bulan. Haid saya lancar baru 3 Bulan ini. Tapi kenapa dalam 2 Bulan ini saya haid 2 minggu sekali dok? Padahal saya tidak terlalu capek hanya pekerjaan rumah yg saya kerjakan. Dan kenapa saya blm jg hamil ya dok? Padahal saat anak pertama kemarin dalam waktu 5 Bulan saya sdh bisa hamil. Saya belum sempat periksa dok karna saya tidak ingin suami saya tahu. Apakah ada penyakit yg saya derita dok? Atau gejala apa ya dok kok saya dlm 2 bln ini haid 2 minggu sekali.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. KB apa yang Anda gunakan sebelumnya ? Apakah yang Anda adalah menstruasi yang berlangsung 2 kali dalam bulan selama 2 bulan  ini ? 

Izinkan kami menyampaikan Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
stres psikologis
atlit
kekurangan vitamin K
penggunaan obat-obatan tertentu
kelainan pembekuan darah
gangguan hormon tiroid, dsb

Kembalinya kesuburan pasca lepas KB dapat berbeda-beda tergantung dari jenis KB nya. Kembalinya kesuburan pasca menggunakan KB hormonal biasanya lebih lama, bisa beberapa bulan sampai 1-2 tahun. sedangkan setelah melepas KB spiral atau IUD, kesuburan biasanya kembali segera setelah dilepas.

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Kesuburan tidak akan langsung kembali setelah penghentian KB suntik. Ketika dilepas, kembalinya kesuburan tiap individu biasanya berlangsung variatif antara 3-12 bulan tergantung lama pemakaian KB suntik tersebut. Misal, pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan.

Keluhan Anda mengalami menstruasi selama 2 kali dalam 1 bulan pasca berhenti KB kemungkinan akibat penyesuaian pasca KB. Namun mengingat adanya penyebab lain yang dapat menyebabkan keluhan Anda, kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG untuk mengetahui masalah yang Anda alami.

Agar cepat hamil, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus Penghitungan Masa Subur:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah.

Perlu juga diperhatikan:

Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila ingin hamil.
Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas,
Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga Anda dan suami segera mendapat momongan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar