Sukses

Mual Muntah Setelah Minum Obat TB

02 Aug 2017, 17:50 WIB
Pria, 35 tahun.

saya baru dalam pengobatan tb paru selama 1 minggu tp efek samping obatnya (pro tb 4,shari 4 tablet pagi hari 2jm sblum mkn), sangat berasa antara lain pusing mual muntah lemas dan itu berlangsung sepanjang hari sehingga saya tdk bs bekerja dan hanya bisa istirahat di rumah. mkn pun susah krn mual shingga sy smakin kurus. pertanyaan sy apakah boleh mengubah jadwal minum obat tb menjadi mlm sebelum tidur? dan bagaimana mengatasi mual efek samping obat tsb? trima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar mual muntah setelah minum obat TB melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah ada efek samping lain seperti tubuh atau mata yang menguning? Tentunya semua obat memiliki efek samping. Obat TBC yang merupakan gabungan dari beberapa obat yaitu isoniazid, rifampisin, pyrazinamid, dan etambutol, dapat menyebabkan kencing berwarna merah, kesemutan pada tubuh, lalu efek samping yang lebih jarang yaitu gangguan penglihatan, gangguan hati, dll. Gejala mual muntah yang Anda alami dapat disebabkan oleh gangguan pada hati / liver, sebagai kemungkinan terburuknya.

Bila Anda memiliki gejala mual muntah maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter yang merawat Anda atau dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru. Dokter akan melakukan evaluasi medis mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik dan penunjang bila diperlukan. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mual muntah setelah minum obat TB. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar