Sukses

Cara Menghilangkan Bekas Luka

02 Aug 2017, 16:00 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau konsultasi. Waktu itu saya sakit perut haid. Al hasil saya pakai minyak cap lang diperut. Ternyata itu membakar perut saya yang sedang memakai celana ketat. Sya pikir rasa panas ini wajar. Ternyata terbakar. Skrg lukanya sudah sembuh, tetapi bekasnya itu dok panjang dan hitam. Apakah ada cara menghilangkan bekasnya dok? Ini sudah 2 bulan

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai menghilangkan bekas luka.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari.

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar