Sukses

Penyebab Dahak Bercampur Darah

02 Aug 2017, 13:00 WIB
Pria, 34 tahun.

Dokter maaf saya mau tanya,beberapa hari ini saya jika mengeluarkan dahak selalu bercampur darah,kejadiannya setelah saya melakukan perjalanan pesawat terbang selama tiga jam,sampai saat ini masih begitu apakah saya kena penyakit?apakah penyakit saya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai dahak bercampur darah melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berlendir atau berdahak. Tenggorokan berlendir atau berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok akibat iritasi yang terjadi akibat zat-zat yang terkandung dalam asap rokok yang dihirup masuk hingga paru-paru. Sedangkan darah dapat berasal dari ronggga mulut, maupun saluran napas (akibat iritasi saluran napas).

Batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa, beberapa penyakit seperti flek pada paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis), apabila Anda perokok dapat disebabkan oleh peradangan pada paru atau saluran pernafasan.

Pada daerah endemis seperti di Indonesia, banyak sekali yang terinfeksi oleh Tuberculosis atau sering disebut flek. Ada beberapa gejala yang sering muncul bersamaan yaitu, keringat di malam hari, berat badan yang susah naik, batuk yang cukup lama, serta berkurangnya nafsu makan dan anggota keluarga atau tentangga yang terkena penyakit flek.

Yang kami anjurkan adalah apabila Anda merokok tolong untuk diberhentikan, konsumsi telur, konsumsi air putih yang banyak, berjemur dan yang paling penting adalah periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru-paru atau penyakit dalam untuk diperiksa lebih lanjut keadaan Anda. Mungkin saja Anda memerlukan pemeriksaan Xray dada Anda.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan mengenai dahak bercampur darah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar