Sukses

Flek Paru Setelah Bertahun-tahun

02 Aug 2017, 14:35 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok sy mengalami batuk dahak yg tak kunjung sembuh hingga bertahun2.,. Sy telah berobat TBC teratur selama 12bulan tahun 2010 namun paru-paru sy masih terdapat vleck,. Setahun sekali rutin MCU test dahak pun selalu negatif, vleck paru-paru tidak meluas (masih sm dr tahun 2010)., Adakah kemungkinan penyakit lain,, apa solusinya.,., trimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar TBC menggunakan fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perlu diketahui, bahwa seseorang dengan riwayat TBC dapat meninggalkan gambaran flek pada paru-paru (infiltrat) setelah pengobatan. Namun, selama tidak ada keluhan makan gamabran ini dapat dikatakan flek yang tidak aktif.

Gambaran klinis yang dapat ditemui seperti kondisi batuk yang sudah mendapat pengobatan dan namun tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu dan kembali berulang disebut dengan batuk kronik berulang. Banyak hal yang dapat menyebabkan infeksi saluran napas oleh virus atau bakteri, asma, tuberkulosis, pneumonia, alergi, cystic fibrosis, dll. Apakah Anda memiliki alergi yang dapat memicu batuk?

 

Oleh karena itu, jika Anda mengalami keluhan kami sarankan untuk ke dokter yang pernah mengobati Anda untuk kembali berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh sehingga dapat ditangani secara optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar