Sukses

Tanda-Tanda Haid

02 Aug 2017, 14:35 WIB
Wanita, 22 tahun.

Maaf dok saya mau tanya, sjak 2 minggu terakhir payudara sbelah kanan saya terasa sakit, dan sjak 2 hari lalu kdua payudara saya sakit, dan ms v sya jga mngeluarkan cairan putih keruh tidak berbau dan lengket. Apakah itu termasuk tanda2 akan haid atau bagaimana dok ? Terimakasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar tanda-tanda sebelum haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Yang Anda alami dapat disebut sebagai gejala pre-menstruasi. Bila gejala tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti absen sekolah/kuliah/ bekerja karena nyeri, dll, maka disebut sindroma pre menstrual. Sindroma Pre-Menstruasi atau PMS adalah sekumpulan gejala fisik & mental yang mengganggu kehidupan sehari-hari yang dialami sebelum menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi.

PMS normal dirasakan dari 2 minggu sampai beberapa hari sebelum menstruasi dimual. Gejala-gejala premenstruasi tersebut muncul pada fase luteal, atau fase dimana rahim menebal pada masa dimulainya ovulasi dan berakhir dengan dimulainya menstruasi. Sehingga bila PMS Anda terjadi 2 minggu sebelum menstruasi, ini masih bisa dikatakan normal.

Gejala PMS meliputi gejala fisik dan emosional. Gejala fisik dapat berupa nyeri kepala, lelah, nyeri otot atau sendi, nyeri pada payudara, wajah berjerawat, susah BAB, dan sebagainya.

Sedangkan perubahan dari sisi emosional termasuk gangguan cemas, rasa sedih, perubahan mood (menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah tersinggung), perubahan selera makan (menjadi lebih banyak atau lebih sedikit), susah tidur, dan sulit berkonsentrasi.

Bila gejala-gejala tersebut memakan waktu lebih panjang dan mengganggu kehidupan lebih dari biasanya, maka kami sarankan untuk menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tanda-tanda sebelum haid. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar