Sukses

Bahaya Penggunaan Bedak Bayi

02 Aug 2017, 14:12 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamualaikum doktor, sy mau tanya bberapa waktu lalu sy baca artikel katanya bedak bayi yang mengandung talc itu berbhya buat bayi, apakah benar dok? Jika bnr bgaimana solusinya? Rata-rata mmg bedak bayi terbuat dari talc. Trmksh atas jwbnnya wassalamuaalaikum.

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai bahaya bedak bayi.

Beberapa dokter banyak yang tidak menyarankan penggunaan bedak bayi. Namun bukan berarti tidka boleh menggunakannya sama sekali. Anda harus pintar memiliki bedak yang tepat untuk bayi Anda. 

Berikut adalah efek samping penggunaan bedak bayi bagi kesehatan:

1. Pada mata dan tenggorokan Pada mata, bedak bayi dapat memberikan efek samping berupa iritasi pada mata dan tenggorokan.
2. Pada paru-paru Perhatikan cara Anda memberikan bedak bayi karena dapat menimbulkan gangguan pada paru-paru si buah hati, seperti batuk-batuk, sesak napas, sakit di bagian dada, dan mengi.
3. Pada kulit Pada kulit, bedak bayi bisa menimbulkan efek samping seperti menimbulkan lecet dan biru-biru pada bagian kulit, bagian kuku, atau bagian bibir.
4. Pada jantung dan darah Efek bedak bayi ini juga bisa menyerang jantung dan darah anak sehingga menimbulkan gejala-gejala seperti tekanan darah rendah (hipotensi), pingsan, dan kejang.
5. Pada sistem syaraf Jika menyerang sistem syaraf, kemungkinan akan muncul kedutan pada otot wajah, tangan, atau kaki, dan kadang disertai dengan demam, bayi terlihat mudah mengantuk, dan menjadi lesu atau kurang aktif.

Perhatikan baik-baik kandungan yang terdapat dalam bedak bayi Anda. gunakan bedak bayi yang bebas dari talc. Anda dapat meletakkan bedak pada tangan anda terlebih dahulu sebelum menaburkan pada bayi. Jangan gunakan terlalu banyak hingga mengganggu si bayi. Jangan lupa rajin membersihkan sisa-sisa bedak terutama di lipatan.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. 

0 Komentar

Belum ada komentar