Sukses

Penanganan Penyakit Diabetes dan Luka Pada Kaki

02 Aug 2017, 12:59 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, mau tanyah ini...ibu aku menderita diabetes kering...badannya itu makin lama makin kurus...terus timbul luka d jari kaki dan di jari tangan... dok cara turunin kadar gula gimana, terus cara obatinlukanya gimana????

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai diabetes.

Pertama saya jelaskan dulu sedikit mengenai diabetes. Diabetes melitus tipe 2 (yang didapatkan saat dewasa) merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan kadar gula di dalam darah. Kenapa bisa seperti ini? Biasanya saat kita makan glukosa (nasi, gula, roti, dsb) ada hormon yang dinamakan insulin keluar dan berfungsi memasukkan glukosa ke dalam sel. Diabetes itu terjadi karena hormon insulin ini tidak sensitif lagi terhadap kenaikan kadar glukosa, jadi glukosa akan beredar saja di darah dan tidak bisa masuk ke sel. Oleh karena tidak masuk ke dalam sel maka sel akan lelah karena tidak ada energi, yang bisa diatndai dengan berat badan yang turun.

Secara umum, untuk membantu mengatasi gula darah tinggi dalam kondisi diabetes selain menggunakan obat adalah modifikasi gaya hidup. Modifikasi gaya hidup ini dilakukan dengan beberapa hal :

1. Mengurangi berat badan: Menurut sebuah buku yang dikeluarkan oleh Perkumpulan Ahli Diabetes di Amerika, bila IMT (Index Masa Tubuh) 25 - 29 atau lebih dari 30 maka disarankan agar dilakukan penurunan berat badan. 

2. Intake makanan harus dijaga sebanyak 1,000 - 1,200 kcal/sehari. Makanan difokuskan dengan perbanyak sayur, buah, kurangi karbohidrat (nasi diganti dengan kentang atau nasi merah), lemak jahat dikurangi seperti daging olahan seperti sosis, chicken nugget, daging dengan lemak tinggi (berasal dari organ binatang), hindari juga snack yang dijual dalam plastik serta kue-kue. Ikan dapat dikonsumsi namun hindari ikan goreng, lebih baik direbus. Hindari makanan yang goreng-goreng. Jangan lupa juga untuk mengurangi garam dalam diet, hanya dianjurkan 1 sendok teh (5 gr) setiap harinya. Ada suatu tabel bernama "Glycemic Index" yang anda dapat lihat sebagai pedoman anda dalam mengkonsumsi makanan. Berikut adalah artikel kami mengenai Glyceminc Index "Peran Penting Glycemic Index (GI) dalam Diet".

3. Kegiatan fisik sebaiknya dilakukan dengan berolahraga ringan-sedang selama 30 - 45 menit dalam sehari, selama 3 -5 kali dalam seminggu. Berolahraga ringan sedang bisa dalam bentuk aerobik ringan atau jalan cepat sekeliling rumah.

4. Modifikasi gaya hidup ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, selain diet makanan dibutuhkan juga olahraga. Sebab yang diusahakan dalam manajemen dari Diabetes adalah pencegahan komplikasi serta mempertahankan agar gula darah tetap terkontrol. Kami menganjurkan agar ibunda dapat mengatur pola makan dengan tepat, Anda dapat konsultasi ke dokter ahli gizi.

Selain itu diperlukan obat penurun kadar gula darah yang harus diresepkan oleh dokter. Untuk perawatan luka tentunya harus dengan mengontrol kadar gula darah terlebih dahulu, setelah itu luka dirawat dengan perawatan luka seperti biasa. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar