Sukses

Bayi BAB Sambil Mengejan
02 Aug 2017, 12:58 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi dokter. Saya mempunyai anak usia 2 bulan. Akhir akhir ini anak saya kalau BAB selalu mengejan. Pdhal dari lahir tidak pernah seperti itu. Hanya akhir2 ini. Itu penyebabny apa ya dok? Normal atau tidak kondisi seperti itu? Soalny saya khawatir. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Bayi BAB Sambil Mengejan melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Ibu/ Bapak yang terhormat, selama anak tidak rewel, minum ASI/PASI dengan baik, berat badan bertambah sesuai seharusnya, hal yang dialami anak Anda adalah hal yang normal.

Mengejan seringkali merupakan refleks gastro-colic dan defekasi yang normal, terutama sering dilihat pada bayi dalam 6 bulan pertama. Pada usia ini bayi akan mulai memahami sensasi tubuhnya dan mengontrol pergerakan tubuhnya. Ketika bayi mengejan ia juga belajar otot mana yang berkordinasi untuk buang air besar. Namun apabila ketika mengejan bayi juga menangis atau mengalami keluhan lain seperti BAB yang keras, disertai darah, sebaiknya Anda segera memeriksakan bayi Anda ke dokter terdekat untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Bayi BAB Sambil Mengejan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar